Jumat, Bantuan Rp 200 Ribu per Orang Dibagi ke Tujuh Daerah di Sumbar

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno ketika meninjau stok beras di gudang Bulog, di Padang, Minggu (29/3) lalu. (foto: humasprov)

Pemprov Sumbar akan membagikan uang tunai Rp 200 ribu per orang selama tiga bulan, kepada 359.910 masyarakat Sumbar yang terdampak secara ekonomi akibat wabah pandemi virus korona (Covid-19). Bantuan stimulus jaring pengaman sosial tersebut, akan dibagikan Jumat (10/4).

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyampaikan anggaran program jaring pengaman sosial berasal dari alokasi sejumlah anggaran berbagai sumber, sehingga nantinya dana tersebut ada yang diakomodasi dalam APBD Perubahan.

“Dana itu akan kami bagikan dalam bentuk uang tunai Rp 200 ribu setiap orang, dan akan diberikan selama tiga bulan. Jumlah penerimanya 359.000 lebih masyarakat yang terdampak korona,” kata Irwan saat memimpin rapat Gugus Tugas Covid-19 Sumbar, di Aula Gubernuran, Padang, Rabu (8/4).

Dia menambahkan, jumlah 359.910 sesuai dengan nama-nama yang diserahkan masing-masing pemerintah kabupaten dan kota, berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Hingga kemarin, baru tujuh kabupaten dan kota yang menyerahkan datanya.

“Untuk sementara, baru tujuh kabupaten dan kota yang telah menyerahkan daftar nama-nama masyarakat yang akan menerima program jaring pengaman sosial tersebut. Insya Allah lusa (Jumat) sudah bisa kita bagikan,” ujar Irwan tanpa menyebutkan kabupaten dan kota yang sudah dan belum menyerahkan data.

Sebelumnya, Pemprov Sumbar telah mempersiapkan jaring pengaman sosial untuk masyarakat yang ekonominya terdampak Covid-19, dengan menganggarkan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) senilai Rp 145 miliar. Selain itu, stok beras juga diklaim cukup. (esg)