Update Sumbar: Total 28 Pasien Positif Covid-19, Tiga Meninggal Dunia

Pasien positif terinfeksi virus korona (Covid-19) di Sumbar yang meninggal dunia hingga Kamis (9/4), telah mencapai tiga orang. Pasien ketiga yang meninggal dunia adalah seorang perempuan, berusia 50 tahun, asal Kabupaten Pasaman Barat yang bekerja di Kota Padang.

Pasien tersebut saat meninggal dunia di RSUP M Djamil Padang, Kamis (9/4) sekitar pukul 07.00, masih berstatus dalam pengawasan (PDP).

Namun, berdasarkan hasil pemeriksaan swab hidung dan tenggorokan yang dilakukan Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran (FK) Unand Kamis (9/4) siang, pasien tersebut terkonfirmasi positif Covid-19.

“Pihak RSUP M Djamil melaporkan, hasil pemeriksaan labor Unand terhadap pasien PDP yang meninggal dunia Kamis pagi sekitar pukul 07.00 itu, positif Covid-19,” ungkap Juru Bicara Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal, Kamis (9/4) sore.

Pasien berjenis kelamin perempuan itu, menurut Jasman, telah dirawat di RSUP M Djamil sejak dua hari lalu. “Jadi, hingga hari ini, total pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia di Sumbar berjumlah sebanyak tiga orang,” katanya.

Lebih lanjut Jasman mengatakan, setelah mengetahui hasil positif tersebut, Tim Gugus Tugas Covid-19 Sumbar melakukan tracing atau pelacakan terhadap siapa saja yang pernah berkontak dengan pasien.

Sehari sebelumnya (8/4), pasien positif Covid-19 di Sumbar yang meninggal dunia adalah seorang ibu berusia 36 tahun yang tengah hamil delapan bulan. Warga Bukittinggi itu meninggal dunia di RSUP Dr M Djamil Padang sekitar pukul 04.30.

Almarhumah dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 setelah hasil laboratorium keluar pada Rabu (8/4) sore.

“Saya langsung mendapatkan telepon dari dokter yang mengatakan almarhumah positif Covid-19. Penanganan pemakaman almarhumah juga sesuai standar penanganan Covid 19. Beliau dimakamkan pada Rabu siang di luar Bukittinggi,” ujar Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias, Rabu (8/4).

Sedangkan pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia pertama kali di Sumbar adalah seorang perempuan berusia 64 tahun asal Kota Padang. Ia meninggal dunia, Sabtu (28/3) pagi. Sebelumnya dirawat di Semen Padang Hospital.

Pasien Positif Bertambah

Sementara itu, berdasarkan data Gugus Tugas Covid-19 Sumbar hingga Pukul 15.30, Kamis (9/4), total pasien positif Covid-19 di Sumbar bertambah menjadi 28 orang. Pasien tersebut sebanyak tujuh orang dirawat di RSUP M Djamil, tiga di RSAM Bukittinggi, satu di RSUD M Zein Painan dan satu orang di Semen Padang Hospital.

Sedangkan pasien positif yang isolasi mandiri sebanyak 10 orang. Empat orang di antaranya merupakan pasien RSAM Bukittinggi, satu orang pasien RSUD Pariaman serta pasien mandiri yang bukan rawatan rumah sakit lima orang.

“Jadi, hari ini (9/4) bertambah dua orang yang dinyatakan positif dari hari sebelumnya. Yang sembuh masih empat orang, belum ada tambahan. Namun dari informasi sejumlah rumah sakit rujukan, beberapa pasien positif telah menunjukkan gejala membaik dan kita doakan segera sembuh,” ujar Jasman.

Sementara orang yang masih dalam proses pemantauan (ODP) sebanyak 1.473, dan pasien PDP yang masih dirawat atau menunggu hasil laboratorium 17, isolasi mandiri 9 dan negatif 75.(esg)