7 Tenaga Medis dan Bayi 9 Bulan Terpapar Korona

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal. (Foto: IST)

Tujuh tenaga kesehatan di Kota Padang dan bayi berusia 9 bulan dinyatakan positif terinfeksi virus korona (Covid-19), Sabtu (9/5/2020). Hal itu disampaikan Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar, Jasman Rizal.

Jasman mengatakan, di Kota Padang terdapat penambahan 13 pasien positif Covid-19. Tujuh orang di antaranya adalah tenaga kesehatan dan satu orang bayi berusia 9 bulan. Hal tersebut diketahui dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran (FK) Unand.

Jasman menambahkan, tujuh tenaga kesehatan yang dinyatakan positif Covid-19 di antaranya pertama, wanita berusia 42 tahun, warga Bandapuruih.

Ia terinfeksi pada saat bekerja, dan saat ini isolasi mandiri. Kedua adalah wanita, 25, warga Lubukbegalung, pekerjaan yang terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, saat ini sedang penanganan isolasi mandiri.

Tenaga kesehatan ketiga adalah wanita, 27, warga Ampang Karang Gantiang, pekerjaan yang terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, sekarang penanganan isolasi mandiri. Lalu, wanita, 28, warga Adinegoro Lubukbuaya, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi. Penanganannya, isolasi mandiri.

Kemudian, pria, 25, warga Pauh. Ia terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, saat ini sedang penanganan isolasi mandiri, dan pria, 50, warga Kuranji, yang saat ini penanganan isolasi di Bapelkes.

“Terakhir, pria, 49, warga Limau Manih, yang saat ini melakukan isolasi mandiri di Bapelkes,” ungkapnya.

Lebih lanjut Jasman menyampaikan, selain tujuh tenaga kesehatan, juga dikonfirmasi satu orang bayi berusia 9 bulan yang dinyatakan positif Covid-19.

“Bayi tersebut berasal dari Kecamatan Pauh, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi positif dan saat ini isolasi mandiri di rumah,” tambahnya.

Jasman menambahkan, untuk total penambahan kasus pasien positif Covid-19 di Provinsi Sumbar hari ini berjumlah  16 orang, terdiri dari 13 kasus di Kota Padang, satu kasus di Kabupaten Limapuluh Kota, satu kasus di Agam, dan satu kasus di Kabupaten Solok.

“Maka dengan adanya penambahan 16 kasus, total pasien positif Covid-19 di Provinsi Sumbar meningkat menjadi 286 kasus,” tukasnya. (adk)