BPBD Sumbar Datangkan Face Shield dan Kacamata Goggles Tenaga Medis

Kepala Pelaksana BPBD Sumbar Erman Rahman menerima cek face shield dan kacamata goggles bagi petugas medis di gudang Pusdalops BPBD. (Foto: IST)

Setelah mendatangan baju alat pelindung diri (APD), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumbar menyediakan face shield (pelindung wajah) dan kacamata goggles bagi petugas medis di rumah sakit.

“Pelindung wajah dan kacamata goggles kita datangkan. Dua alat ini biasa digunakan oleh tenaga medis yang melayani pasien terinfeksi Covid-19,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Sumbar, Erman Rahman, di gudang Pusdalops BPBD Sumbar, Jumat (8/5/2020).

Erman mengungkapkan, pihaknya mendatangkan 15 ribu face shield. Ditambah 7.500 kacamata goggles dari total 20 ribu yang dipesan. Dua barang itu didatangkan dari Jakarta.

“Untuk 12.500 kacamata goggles akan datang dua minggu lagi. Setidaknya dengan persediaan ini, sudah memenuhi kebutuhan APD tenaga medis di Sumbar,” ujarnya.

Dalam menerima barang tersebut, BPBD Sumbar selalu menghadirkan Kejaksaan Tinggi Sumbar, Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sumbar termasuk Inspektorat Sumbar.

Untuk penyaluran alat tersebut BPBD akan menunggu permintaan dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar. Karena permintaan rumah sakit ditujukan ke Dinas Kesehatan, kemudian Dinas Kesehatan memberikan jumlah kebutuhan.

“Kita hanya menyediakan, nanti untuk penyaluran kita koordinasi dengan Dinas Kesehatan,”ujarnya.

Dengan kedatangan dua alat tersebut ditambah baju APD yang datang beberapa hari lalu, maka kebutuhan APD tenaga medis di Sumbar sudah terpenuhi untuk dua bulan ke depan.

Menurut Erman, di awal merebaknya pandemi Covid-19 di Sumbar, APD menjadi kebutuhan sangat mendesak. Bahkan pihaknya kesulitan mendapatkannya karena keberadaan APD sangat vital bagi tenaga medis.

Menyikapi itu, agar Pemprov Sumbar tidak kesulitan lagi mendapatkan APD, BPBD Sumbar langsung memesan sejumlah kebutuhan perlengkapan medis. Di antaranya, baju APD, kacamata goggles dan face shield.

Disebutkannya, face shield berfungsi melindungi wajah tenaga medis, perawat dan tenaga lainnya di rumah sakit untuk berkomunikasi dengan pasien Covid-19. Begitu juga fungsi kacamata goggles untuk antisipasi penularan virus korona melalui doplet.(esg)