Polda Sumbar Bakal Sanksi Pelanggar PSBB

Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto menyerahkan masker kepada relawan dari HMI. (Foto: Humas Polda)

Polda Sumbar mendukung pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap II di Sumbar hingga 29 Mei mendatang. “Kami dari kepolisian siap memberikan dukungan terhadap kebijakan gubernur memperpanjang PSBB,” kata Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto.

Toni menyebut kepolisian akan memberikan sanksi kepada pelanggar PSBB sesuai dengan Maklumat Kapolri Nomor Mak/2/III/2020 tentang Kepatuhan Terhadap Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Penyebaran Virus korona.

Setiap pelanggar yang tidak mematuhi aturan turunan dari maklumat Kapolri menurut Toni akan dianggap sebagai pembawa atau penyebab penularan wabah. “Beberapa delik tentu bisa kita berikan kepada yang tidak taat aturan,” ujarnya.

Toni mengatakan petugas kepolisian mendukung kebijakan Gubernur terkait dengan perpanjangan PSBB yang dilaksanakan di Sumbar. Untuk itu, kepolisian akan bertindak lebih ketat dibandingkan dengan PSBB sebelumnya.

Terkait pengawasan tempat ibadah, Polda Sumbar akan menggandeng Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumbar untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar dapat mematuhi PSBB tahap kedua.

Ia mengimbau masyarakat untuk melaksanakan ibadah shalat Jumat dan Tarawih di rumah masing-masing hingga wabah berakhir.
Sementara itu, kemarin (8/15) Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto dan masyarakat Tionghoa Peduli Covid-19 menyerahkan paket sembako ke masyarakat di wilayah Padang Selatan.

Sebanyak 250 paket sembako tersebut diserahkan di Kantor Camat Padang Selatan diterima langsung Camat Padang Selatan. Selanjutnya paket sembako tersebut diserahkan ke Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas wilayah Padang Selatan untuk selanjutnya diserahkan ke warga yang berhak menerima. (cr10)