2 Remaja Retas Situs Kabinet RI, Dibawa ke Mabes Polri Untuk Diproses

17
TIDAK BERKUTIK: Tim Tindak dan Tim Analis Siber Bareskrim Polri beserta Tim Direct Finder Ditreskrimsus Polda Sumbar saat mengamankan dua pelaku yang diduga meretas situs website Setkab.go.id.(kanan atas) Sejumlah barang bukti yang digunakan pelaku untuk melakukan peretasan situs.(IST)

Tim Tindak dan Tim Analis Siber Bareskrim Polri beserta Tim Direct Finder Ditreskrimsus Polda Sumbar mengamankan dua remaja diduga melakukan tindak pidana ilegal akses situs setkab.go.id (Sekretaris Kabinet RI). Diketahui kedua pelaku diamankan didua kota yang berbeda.

Pengkapan kedua diduga pelaku peretas situs ini berdasarkan Laporan Polisi Nomor : LP/A/0451/2021/SPKT.DITTIPIDSIBER/BARESKRIM tanggal 2 Agustus 2021. Kedua diduga pelaku peretas ini berinisial BS alias ZYY,18, dan MLA alias L, 17.

Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Satake Bayu saat dihubungi Padang Ekspres membenarkan penangkapan tersebut. “Informasi yang kita dapatkan pada hari Jumat lalu tanggal 6 Agustus 2021 sekira pukul 15.30, telah diamankan 2 pelaku dugaan tindak pidana Illegal Acces situs Website Setkab.go.id (Sekretaris Kabinet RI),” kata Satake Bayu.

Pengkapan pertama pada hari Rabu, (4/8) sekira pukul 12.00 bertempat di Tabing Banda Gadang Nanggalo, Kota Padang, Sumatera Barat. “Di lokasi tersebut petugas mengamankan pelaku dengan inisial BS. Pelaku ini diduga berperan untuk melakukan Bypass Directory Home agar tembus Domain Utama Setkab go.id,” kata Satake.

Di lokasi petugas mengamankan sejumlah barang bukti dari tangan pelaku yakni, dua unit handphone, satu unit laptop serta dua akun media sosial. Setelah pelaku pertama diamankan, petugas kemudian bergerak ke lokasi kedua.

Baca Juga:  Sah, Defri Mulyadi Pimpin IJTI Sumbar

“Pada tanggal 6 Agustus 2021, sekitar pukul 11.30, bertempat di Sungai Rumbai, Kabupaten Dharmasraya diamankan pelaku satu orang lagi, dengan inisial MLA,” ujar Satake.

Pelaku kedua ini berperan sebagai pembobol Sub Domain PPID Setkab.go.id dan mengubah index PPID (halaman utama). “Di sini petugas juga mengamankan sejumlah barang bukti, berupa dua unit handphone, satu unit laptop dan satu akun media sosial,” tutur Satake.

Satake menambahkan, setelah diamankan kedua peretas situs setkab.go.id, itu dibawa keMabes Polri. “ Setelah ditangkap kedua remaja ini langsung dibawa ke Mabes Polri guna untuk pengusutan lebih lanjut,” tutup Satake.

“Kami hanya backup sama perlengkapan (penangkapan). Tapi penanganan kasus di Mabes Polri,” ujar Satake Bayu.

Pantauan Padang Ekspres Minggu (8/8), sekitar pukul 18.04 situs Setkab.go.id itu masih belum bisa diakses. Pada tampilan situs tersebut tertera tulisan “Kami akan segera kembali! disertai tulisan “mohon maaf atas ketidaknyamannya, saat ini kami sedang melakukan update system.”(rid)