Prihatin Bencana Semeru, Gubernur Mahyeldi Instruksi Kirim 1 Ton Rendang

22

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah ikut prihatin dan berduka atas musibah bencana erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur, pada Sabtu (4/12/2021) lalu.

Menyikapi itu, gubernur yang biasa disapa Buya itu, Kamis (9/12/2021) mengintruksikan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Sumbar untuk turut membantu korban terdampak bencana dengan mengumpulkan 1 ton rendang siap saji.

Menurutnya ajakan tidak hanya untuk OPD, namun juga kepada seluruh masyarakat Sumbar dimanapun berada. Bantuan tersebut nantinya akan disalurkan oleh Badan Penanggunalangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Sabtu (11/12/2021).

“Terkait dengan musibah erupsi Gunung Semeru di Lumajang, gubernur mengintruksikan seluruh OPD dan mengimbau masyarakat agar ikut membantu korban dengan mengumpulkan rendang. Bantuan rendang dengan target minimal 1 ton, selambat-lambatnya dikumpulkan ke BPBD Sumbar pada Jumat 10 Desember 21 pukul 17.00 WIB,” ujar Kadis Kominfotik Sumbar, Jasman Rizal.

Menurut Jasman yang juga Jubir Satgas Penanganan Pandemi Covid-19 itu, bantuan akan dikirimkan ke Lumajang pada Sabtu 11 Desember. Bantuan akan dibagikan kepada masyarakat di lokasi pengungsian.

Baca Juga:  Munas VII Resmi Ditutup. OSO Kembali Pimpin DPP Gebu Minang 2022-2027

Selain pengumpulan rendang, menurut Jasman, bantuan lain juga dilakukan, di antaranya lewat penggalangan sumbangan melalui Sumbar Peduli Sesama dengan sasaran masyarakat yang terdampak. Bantuan akan disalurkan melalui Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Termasuk bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumbar.

Terkait bencana yang merenggut korban jiwa dan ribuan masyarakat terdampak tersebut, Gubernur Mahyeldi secara pribadi melalui akun instagramnya pada Sabtu (4/12/2021) juga telah menyampaikan secara langsung ungkapan belasungkawa.

Gubernur mengajak segenap masyarakat untuk mendoakan keselamatan dan diberikan kesabaran untuk masyarakat terdampak musibah di Lumajang.(wni)