Mahasiswa Jambi Diimbau untuk Ikut Kompetisi Entrepreneurship Award V

3

Pada tahun ini kompetisi kewirausahaan Entrepreneurship Award yang kelima kembali digelar dengan Universitas Bung Hatta sebagai tuan rumah.

Mengusung tema “Implementasi Kebijakan Kampus Merdeka melalui Jiwa Kewirausahaan untuk Pemulihan Perekonomian Bangsa”, pergelaran ini bertujuan untuk menampung ide-ide kreatif serta mendorong mahasiswa PTS di lingkungan LLDIKTI Wilayah X dalam menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan.

Hal ini disampaikan Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof. Dr. Herri, MBA saat sosialisasi Entrepreneurship Award V melalui siaran langsung dialog khusus di TVRI Jambi dan podcast suara Universitas Muhammadiyah Jambi yang disiarkan langsung di RRI Jambi, Kamis (3/6/2021).

“LLDIKTI Wilayah X berharap mahasiswa PTS di Provinsi Jambi dapat mengikuti setiap kategori yang dilombakan dan menjadi pemenang pada setiap kategori, yaitu renca bisinis dan usaha berjalan,” ucap Prof. Herri.

Peluncuran Entrepreneurship Award V ini, lanjut Kepala Lembaga, sudah dilaksanakan pada tanggal 7 April 2021 secara daring dan luring di Universitas Bung Hatta. Sekarang, mahasiswa di lingkungan LLDIKTI Wilayah X sudah dapat mengirimkan proposal hingga 7 Juli 2021.

Sementara untuk tahap penilaian dilaksanakan pada tanggal 8 sampai dengan 25 Juli 2021. Hasilnya akan diumumkan pada 28 Juli 2021. Peserta yang lolos akan mempresentasikan gagasan mereka tanggal 25 Agustus 2021 dan pengumuman pemenangnya pada tanggal 26 Agustus 2021.

“Negara kita kaya akan sumber daya alam seperti pertambangan, perkebunan, kelautan, dan lain-lain. Siapa lagi yang akan mengelola kalau tidak generasi muda? Mari bersama membangun langkah menciptakan wirausaha muda. Pengusaha yang jujur dan memiliki integritas,” kata Prof. Herri.

Baca Juga:  Keliling Sumbar, Andre Bagikan Sembako sampai Resmikan Pertashop

Pengarah Entrepreneurship Award V Prof. Dr. Musiar Kasim menyampaikan apresiasi kepada LLDIKTI Wilayah X sebagai satu-satunya penyelenggara kompetisi kewirausahaan di LLDIKTI seluruh Indonesia.

Lebih lanjut, Prof. Musliar berharap pengusaha masa depan itu hendaknya adalah orang terpelajar. Anak muda yang berasal dari PTS di lingkungan LLDIKTI Wilayah X. Mahasiswa yang mau merintis usaha sejak masih studi dan terus berinovasi mengembangkan ide kreatif.

Sementara itu, Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Tafdil Husni, MBA mengharapkan partisipasi mahasiswa PTS di lingkungan LLDIKTI Wilayah X yang ikut Entrepreneurship Award V meningkat dari tahun lalu.

“Setelah launching Entrepreneurship Award V, panitia telah melaksanakan pembekalan penulisan proposal kewirausahaan. Ini bagian dari upaya meningkatkan minat mahasiswa untuk berpartisipasi serta memahami kaidah penulisan proposal,” kata Prof. Tafdil.

Dijelaskan Rektor Universitas Bung Hatta, proposal yang diajukan tidak terbatas di bidang ekonomi saja. Ide-ide kreatif lain bisa muncul dari mahasiswa program studi apa saja.

“Proposal bisnis tidak terbatas pada bidang ekonomi saja, melainkan bisa dari program studi lain. Ayo kita dukung, dampingi serta bimbing mahasiswa kita menjadi wirausaha,” kata Prof. Tafdil.

Ketua APTISI Wilayah X D Provinsi Jambi, Dr. Filius Chandra mengajak pimpinan PTS untuk terus bekerja sama menyukseskan Entrepreneurship Award V.

“Pada kondisi sekarang, Banyak kita melihat usaha yang tidak jalan. Akan tetapi, semangat kewirausahaan terus kita tumbuhkan pada mahasiwa kita. Mari kita ikuti prosesnya, selangkah demi selangakah menjadi pengusaha muda,” tutup Filius. (*)

Previous articleSambangi Bupati Cilacap, Wagub Sumbar Bahas Budidaya Sidat
Next articleAndre Rosiade Serahkan Bantuan IKM Untuk Korban Bencana NTT