Cegah Kluster Korona di Pilkada, Genius Ajak Patuh Protokol Kesehatan

22

Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Polda Sumbar, telah meluncurkan Pilkada Aman dari Covid-19 di Grand Zuri Hotel Padang, Kamis (10/9/2020). Kegiatan ini dihadiri para bakal calon gubernur dan wakil gubernur serta pimpinan partai dN stakeholder.

Bakal calon gubernur Genius Umar mengatakan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah 2020 beda dengan sebelumnya. Saat ini, pilkada digelar dalam kondisi pandemi virus korona baru (Covid-19) yang sedang mewabah.

“Vaksin saat ini masih diuji coba, belum ada obat Covid-19 yang beredar di pasaran. Maka, dalam pesta demokrasi tentu kesehatan harus tetap dinomorsatukan,” ujar Genius Umar yang pada pilkada ini mendampingi bakal calon gubernur Fakhrizal diusung Partai Golkar, Partai Nasdem dan PKB serta didukung PBB dan Partai Berkarya serta 16 komunitas relawan independen.

Genius berharap penyelenggara dan kontestan pilkada termasuk parpol pengusung maupun tim relawan untuk tidak mengabaikan protokol kesehatan.

“Pilkada 2020 ini beda dari Pilkada lalu. Dari analisa pakar, orang tanpa gejala (OTG) masih banyak berinteraksi di ruang-ruang publik. Jadi, potensi pasien positif bertambah setiap hari selalu ada. Untuk menangkal terpapar covid-19 dan meniadakan cluster pilkada di Sumbar, semua kita harus mematuhi  protokol kesehatan. Yaitu pakai masker, jaga jarak, tidak bersalaman, cuci tangan dengan sabun,” jelasnya.(rel)