Vitus Rubianto Solichin Uskup Baru Umat Katolik Keuskupan Padang

92

Setelah mengalami tahta lowong (sece vacante) selama 1 tahun 11 bulan, pada 7 Oktober 2021 secara resmi umat Katolik Keuskupan Padang mempunyai uskup baru yakni Mgr. Vitus Rubianto Solichin, SX menggantikan almarhum uskup Mgr. Martinus D. Situmorang, OFM Cap, yang meninggal dunia pada 19 November 2019.

Keuskupan Padang sebagai wilayah administratif Gereja Katolik Roma –satu dari 37 keuskupan di Indonesia –mencakup wilayah Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Riau, dan Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

Hal itu diungkapkan Ketua Panitia Tahbisan Uskup Padang, RP. Robledo Sanchez, SX, dalam rilisnya yang diterima Padek.co.

Menurutnya, upacara pelantikan dipimpin oleh Duta Besar Vatikan untuk Republik Indonesia, Mgr. Piero Pioppo.

Kedatangan Dubes bersama rombongan Kardinal Ignatius Kardinal Suharyo (Uskup Agung Jakarta) dan beberapa uskup lain, di terminal khusus Bandar Udara Internasional Minangkabau (BIM) disambut Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah Datuk Marajo bersama Dirjen Bimas Katolik Kementerian Agama RI, Bupati Kepulauan Mentawai, salah seorang anggota DPRD Sumbar, para imam dan tokoh umat Katolik.

Baca Juga:  Atlet Kempo Sumbar Ari Pramanto Raih Medali Emas PON XX Papua

Sementara itu, upacara pelantikan dilakukan di Gereja Katedral Padang, dihadiri oleh 17 Uskup, 2 Vikjend Keuskupan, 100-an imam, biarawan, biarawati dan frater, serta 200-an awam dalam dan luar Kota Padang.

“Acara dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Setiap yang hadir wajib mengikuti tes antigen, bermasker, mencuci tangan, mengatur jarak duduk, dan menggunakan handsanitizer,” ujarnya.(rel)