Dukung MTQ Nasional, BPTD Sumbar Serahkan Puluhan Bus dari Kemenhub

76

Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah III Sumbar menyerahkan bantuan 26 unit bus medium dari Kementerian Perhubungan RI. Bantuan itu untuk kesuksesan acara MTQ Nasional ke XXVIII-2020, yang diselenggarakan mulai 12-21 November 2020.

“Sebanyak 26 unit bus medium ini didatangkan dari Jakarta. Dan hari kita serahkan langsung kepada Dinas Perhubungan Sumbar selaku panitia bidang transportasi,” ujar Kepala BPTD Wilayah III Sumbar Deny Kusdyana, saat menyerahkan secara simbolis 26 bus bantuan tersebut di Kantor Dishub Sumbar, Rabu (11/11/2020).

Dikatakannya, armada bantuan tersebut telah diperiksa dokumen dan perizinannya. “Bus yang kita serahkan ini, telah memenuhi ketentuan laik jalan. Selain itu, kita telah memeriksa kelengkapan dokumen perizinan, baik bus dan pengemudinya,” ungkapnya.

Kepala Dinas Perhubungan Sumbar Heri Nofiardi mengatakan, kesuksesan suatu acara juga tergantung oleh pelayanan transportasi bagi para peserta. “Kunci sukses acara ada di transportasinya. Oleh karena itu, bantuan 26 unit bus medium ini sangat besar manfaatnya dalam mendukung kesuksesan acara MTQ Nasional,” ujar Heri.

Baca Juga:  Informasi Publik DPRD Sumbar Diakses Melalui Digital

Untuk melayani transportasi para peserta, panitia membutuhkan 182 unit kendaraan.
Pihaknya juga mendapat bantuan dari kabupaten kota.

“Hari ini saja lebih kurang 400 orang peserta akan tiba. Dan kita langsung memerintahkan bus yang baru datang dari Jakarta ini, untuk langsung menjemput ke Bandara (BIM),” ujar Kadishub Sumbar, yang sempat melakukan penyemprotan disinfektan di dalam salah satu bus.

Setiap armada bus yang dioperasionalkan untuk para kafilah, tiap pagi akan disemprot dengan disinfektan untuk mencegah penyebaran Covid-19. “Protokol kesehatan dilakukan dengan ketat. Kapasitas bus medium yang normalnya 28 orang, hanya dibolehkan setengahnya. Dan sopir wajib terus mengenakan masker dengan benar selama bertugas,” ujar Heri. (hsn)