Fokus Tangani Covid-19, Gubernur Usul MTQ Nasional Diundur November

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno meninjau Posko Pengawasan Covid-19 di perbatasan Sumbar-Sumut di Pasaman Barat, Sabtu (4/4) lalu. (Foto: Humasprov)

Wabah virus korona (Covid-19) yang belum bisa dipastikan kapan akan berakhir, membuat Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-XXVIII tahun 2020 di Sumbar, yang semula dijadwalkan 22 Agustus 2020 diusulkan diundur.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengusulkan agar pembukaan MTQ Nasional tersebut digelar November 2020. Atas usulan tersebut, Kakanwil Kemenag Sumbar akan menyampaikannya kepada Kementerian Agama (Kemenag).

“Bukan berarti terjadi pembatalan, tapi diundur ke November. Karena pemerintah fokus dalam pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19 yang masuk dalam wilayah Sumbar,” ujar Irwan Prayitno saat memimpin rapat perencanaan pelaksanaan MTQ Nasional, di Aula Kantor Gubernur, Sabtu (11/4).

Namun demikian, kata gubernur, semua itu tergantung pemerintah. Apabila disetujui, maka Sumbar sebagai tuan rumah bersama stakeholders akan mempersiapkannya. “Mudah-mudahan wabah Covid-19 segera berakhir dan kita bisa melaksanakan MTQ,” kata Irwan.

Terkait anggaran MTQ Nasional, pemprov akan mengajukan kembali anggaran perubahan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2020. Pasalnya, anggaran yang sudah diplot sebelumnya telah digunakan untuk pencegahan dan penanganan Covid-19.

“Kalau diadakan tahun 2021, maka akan terjadi masalah anggaran, seolah-olah Sumbar tidak siap melaksanakan MTQ. Tapi kalau sekiranya seluruh Indonesia belum siap menganggarkan, maka kita tunggu biar menteri yang memutuskan. Apapun keputusan Menteri Agama kita akan terima,” katanya.(esg)