Masyarakat Ikut Sukseskan Proyek Tol, Pemkab Limapuluh Kota Siap Akomodir

20
SUKSESKAN PEMBANGUNAN TOL: Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah mengajak masyarakat menyukseskan pembangunan tol Padang-Pekanbaru. hal itu ia sampaikan saat Safari Ramadhan di Masjid Al-Muttaqin Jorong Balai Rupih Simalanggang, Limapuluh Kota, Minggu malam (10/4).(IST)

Kesuksesan pembangunan tol Padang-Pekanbaru butuh dukungan masyarakat. Dengan begitu proyek strategis nasional itu akan berjalan dengan baik tanpa ada kendala.

Hal itu disampaikan Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah saat Safari Ramadhan di Masjid Al-Muttaqin Jorong Balai Rupih Simalanggang, Limapuluh Kota, Minggu malam (10/4).

Pada kesempatan itu gubernur mengajak masyarakat untuk ikut membantu menyukseskan proyek strategis nasional tol Padang-Pekanbaru. Seperti diketahui proyek tersebut juga melintasi Kabupaten Limapuluh Kota.

Menurut gubernur, keberhasilan pembangunan jalan tol tersebut nantinya akan berdampak pada kelancaran transportasi dan peningkatan ekonomi terutama bagi warga Limapuluh Kota sendiri.

“Karena itu saya mengajak mari kita sukseskan pembangunan di daerah kita. Ini penting dalam rangka meningkatkan terus kerja sama dalam rangka membangun Sumbar umumnya dan kabupaten khususnya,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, gubernur menyampaikan, tahun ini terdapat anggaran sebesar Rp82 miliar dialokasikan untuk Kabupaten Limapuluh Kota tahun 2022.

Rinciannya, Rp5,8 miliar untuk pendidikan, untuk kesehatan Rp7,5 miliar, kehutanan Rp4,9 miliar, untuk koperasi dan UMKM Rp1,5, perkebunan Rp7,5 miliar dan pariwisata Rp8,3 miliar.

“Inilah bentuk sinergi kita ke depan antara provinsi dengan kabupaten dan kota. Insya Allah tahun 2023 akan kita tingkatkan lagi jumlah anggarannya. Termasuk pembangunan Jembatan Siapi-api 2, menghubungkan Jorong Api-Api dengan Balai Rupih,” tambah gubernur.

Baca Juga:  Warga Tambuo Butuh Jembatan Permanen, Jembatan Darurat Sempat Telan Korban

Dalam kunjungan Safari Ramadhan tersebut, gubernur menyerahkan bantuan kepada pengurus Masjid Al Muttaqin sebesar Rp50 juta. Ditambah bantuan dari Bank Nagari Rp10 juta dan dari Kemenag Sumbar berupa Al Quran.

Sementara itu, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo menyambut baik kehadiran gubernur beserta tim Safari Ramadhan Provinsi Sumbar di Simalanggang.

Bupati mengapresiasi Pemprov Sumbar atas atensi yang diberikan baik itu berupa moril maupun materil. Arahan gubernur untuk menyukseskan pembangunan tol juga akan diakomodir Pemkab Lima Puluh Kota.

Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota, kata bupati, bersyukur atas kucuran dana pemerintah provinsi mencapai 82,8 miliar pada 2022 ini.

Sebab alokasi anggaran tersebut sangat membantu pemerintah kabupaten dalam merealisasikan pembangunan yang telah direncanakan untuk mewujudkan Limapuluh Kota yang madani, beradat dan berbudaya.

“Saya berharap OPD terkait menjalin komunikasi yang intens dengan pemerintah Provinsi agar anggaran yang dikucurkan Pemprov segera dieksekusi,” tegas Safaruddin.

Bupati juga turut menyampaikan akan mengusahakan ke pemerintah Provinsi agar ruas jalan penghubung Limapuluh Kota-Tanahdatar via Lintau dan akses jalan menuju Kapur IX, serta beberapa jalan yang menjadi kewenangan provinsi untuk segera diperbaiki pada tahun ini. (fdl)