Komit Beri Jaminan Sosial, Kunango Jantan Juara II Paritrana Award

PT Kunango Jantan, perusahaan yang beroperasional di Sumbar meraih Juara II Anugerah Paritrana Award 2019 Kategori Perusahaan Menengah. Apresiasi ini diberikan kepada pemerintah daerah dan para pelaku usaha yang memiliki komitmen, serta dukungan terhadap pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Ini sejarah bagi Sumbar sejak Anugerah Paritrana yang diinisiasi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko-PMK) bersama BPJS Ketenagakerjaan digelar pada 2017,” kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan cabang Padang, Yuniman Lubis usai penyerahan penghargaan Paritrana Award 2019 secara virtual melalui saluran Youtube di kantor PT Kunango Jantan, Rabu (12/8/2020).

Penganugerahan tersebut diikuti Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, serta Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah. Dan disaksikan oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan cabang Padang Yuniman Lubis, Direktur Utama PT Kunango Jantan Asril dan Direktur Gita Ariesta.

Jumlah kandidat pada 2019 kian meningkat dibanding tahun sebelumnya, di mana terdapat 34 provinsi yang ikut meramaikan penghargaan ini. Selanjutnya dari total 514 kabupaten/kota di Indonesia dan 660 ribu Pemberi Kerja/Badan Usaha yang merupakan peserta BPJamsostek panitia tingkat provinsi telah menyeleksi 95 kabupaten/kota, 88 perusahaan skala besar, 99 perusahaan skala menengah, dan 34 UKM.

“Anugerah itu diharapkan menjadi acuan bagi pemerintah daerah dan perusahaan lain untuk lebih termotivasi memberikan perlindungan kepada seluruh pekerjanya. Selain itu juga menjadi pemicu semangat semua pihak, agar perlindungan menyeluruh bagi seluruh pekerja dapat segera terwujud,” tegas Yuniman Lubis.

Baca Juga:  Jalinsum Bukittinggi-Medan Terban, Petugas Berlakukan Buka Tutup

Direktur Utama PT Kunango Jantan, Asril bersyukur atas anugerah yang diraih. “Ini akan menjadi motivasi bagi kami dalam memberikan perlindungan jaminan sosial para pekerja. Sekaligus memotivasi perusahaan lain untuk melakukan hal yang sama,” tuturnya.

Saat penganugerahan, Wakil Presiden Ma’ruf Amin menekankan pentingnya perlindungan jaminan sosial kepada para pekerja di Tanah Air. Perlindungan ini menjadi bagian dari upaya menyejahterakan tenaga kerja.

Kesejahteraan tenaga kerja syarat mutlak kemajuan suatu negara. “Oleh karena itu negara telah menyusun landasan kebijakannya dengan pembentukan Undang Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional serta UU Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial yang meliputi BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan,” tambahnya.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto mengatakan Paritrana diberikan sebagai apresiasi tertinggi kepada pemerintah daerah, perusahaan besar, perusahaan menengah dan pelaku UKM. Pasalnya, sudah menjalankan jaminan perlindungan sosial di wilayahnya masing-masing.

Agus menerangkan penilaian Anugerah Paritrana objektif. Aspek yang dinilai antara lain meliputi kebijakan regulasi jaminan sosial di daerah masing-masing.

“Selain itu juga jumlah coverage dan inisiatif yang dilakukan seperti diseminasi, kerja sama operasional, pelayanan terpadu dan pengawasan kepatuhan jaminan sosial oleh tim terpadu,” tegasnya. (ril)