Peringati Nuzulul Quran, Gubernur Beri Tausyiah Pegawai PLN Sumbar

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno memberikan tausiyah pada peringatan Nuzulul Quran yang diadakan PLN Sumbar. (Foto: Humas PLN)

PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar menggelar peringatan Nuzulul Quran 1441 H, Rabu (13/5/2020) secara daring.

Dalam kesempatan ini, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno memberikan tausiyah berjudul “Sikap dalam Menghadapi Musibah”.

Hadir General Manager PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto beserta seluruh jajaran manajemen dan pegawai PLN yang tersebar di Sumbar.

Irwan Prayitno mengajak seluruh masyarakat terus optimistis dan jangan menyerah meski tengah berada dalam situasi sulit seperti saat ini.

“Dalam kehidupan, tentu saja kita tidak terlepas dari segala ujian. Untung-rugi, menang-kalah, sukses dan gagal, semua adalah hal yang wajar dalam mengarungi kehidupan. Hal tersebut bagian dari takdir Allah SWT. Namun, kita tidak boleh berprasangka jelek dan menyerah,” tutur Irwan.

Walaupun ada ancaman yang mengkhawatirkan, kata Irwan, kita harus hadapi dengan rasa optimistis. “Syukuri segala nikmat Allah dan ambil hikmah dari segala musibah tersebut,” ungkapnya.

Musibah adalah ujian atau seleksi dari Allah, apakah kita termasuk orang yang sabar dan tawakal.

“Musibah adalah peringatan supaya kita selalu mendekat kepada Allah. Karena itu mari kita hadapi dengan sabar,” lanjutnya.

Irwan juga mengajak mengisi malam-malam Ramadhan dengan memperbanyak ibadah dan bertawakal kepada Allah SWT. Rajin membaca Al-Quran dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

General Manager PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto mengajak seluruh karyawan PLN memanfaatkan momentum peringatan Nuzulul Quran ini dengan baik.

“Saya bersyukur dan bangga melihat semangat rekan-rekan PLN dalam memaknai Nuzulul Quran dan menjadikan kitab suci Al-Quran sebagai pedoman hidup,” kata Bambang.

Bambang juga berterima kasih kepada seluruh elemen PLN Sumbar yang telah maksimal menjaga sistem kelistrikan, dan meningkatkan kualitas layanan. Meski tengah berada dalam situasi pandemi.

Bambang juga menyampaikan bahwa PLN senantiasa mendukung kebijakan pemerintah dengan bersama-sama menanggulangi pandemi Covid-19.

Mulai dari menerapkan kebijakan work from home (WFH) untuk pegawai administrasi, tetap menjaga keandalan penyaluran tenaga listrik hingga memasang spanduk ajakan #diRumahAja di berbagai lokasi di Sumbar.

Setelah tausiyah, YBM PLN UIW Sumbar kembali menyalurkan zakat dari para pegawai PLN Sumbar kepada tiga orang mustahik di lingkungan sekitar PLN.

Bantuan tersebut dipergunakan untuk bantuan modal usaha dan pendidikan. Selain itu, PLN juga berbagi rezeki kepada seluruh tenaga alihdaya di Kantor Induk PLN UIW Sumbar.

“Bantuan tersebut tidak lepas dari rasa kepedulian dan keinginan untuk berbagi dari seluruh insan PLN,” katanya.

Salah seorang penerima bantuan YBM PLN, Zahra menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada para muzzaki yang telah memberikan zakat kepadanya.

“Bantuan ini sangat bermanfaat bagi saya untuk mengembangkan modal usaha saat ini. Apalagi situasi sedang sulit. Ini akan dapat memperlancar usaha saya yang hanya pedagang kecil. Terima kasih,” ucap Zahra.

Meskipun berlangsung secara daring, namun peringatan Nuzulul Quran kali ini tetap berjalan khidmat.(rel/esg)