Banjir Dukungan, Insannul Kamil Terpilih jadi Ketum Alumni SMAN 2 Padang

87

Musyawarah Besar (Mubes) V IKASMA II Padang berlangsung sejak pagi hingga sore di Aula SMA Negeri 2 Padang, Sabtu (13/8/2022). Mubes yang berjalan penuh rasa kekeluargaan ini sempat berlangsung alot saat tahapan pemilihan ketua umum yang dimenangkan Insannul Kamil.

Ada empat tokoh alumni muncul sebagai Calon Ketua Umum, yakni Insannul Kamil, John Kenedi Aziz, Fetris Oktri Hardi dan Ikhsan Yuda Prima.

Peserta Mubes V IKASMA II Padang mau mengerucutkan untuk menetapkan Insannul Kamil sebagai Ketua Umum karena mendominasi dukungn dari berbagai lintas angkatan alumni SMA Negeri 2 Padang.

Namun, pimpinan sidang Mubes V tetap meminta pendapat kandidat lain. Insannul Kamil mendominasi dengan memperoleh 14 dukungan dari berbagai angkatan, Fetris dan John Kenedi masing-masing dapat satu dukungan serta Ikhsan mendukung sendiri dan mendaftar lewat Tim Penjaring dan Penyaringan (TPP).

“Saya H. Fetris dengan ini menyerahkan dukungan saya miliki kepada Pak Nanuk (Insannul Kamil, red),” ujar Fetris yang membuat suasana tegang mereda di arena Mubes V IKASMA II Padang.

Lalu, Ikhsan pun menyatakan hal sama dan akhirnya pendukung John Kennedy Aziz juga menyatakan dukungan ke Insannul Kamil.

“Akhirnya Caketum tungggal dan dengan mufakat bulat forum Mubes V mensahkan Insannul Kamil sebagai Ketua Umum DPP IKASMA II Padang periode 2022-2027 menggantikan Prof. Eva Decroli, Ketua Umum Periode 2015 – 2020,” ujar Nofriadi Sastra, salah seorang alumni pada Mubes tersebut.

Baca Juga:  Pemerintah Indonesia Tetapkan Tarif Listrik Tidak Naik Tahun 2022 Ini

Saat diminta kesediaan dari 4 calon tersebut di depan ratusan peserta Mubes yang membeludak Fetris Oktrinaldi, Ikhsan Yusda Prima dan Tim John Kennedy Aziz legowo serta secara terbuka mendukung dan memberikan dukungan kepada Insannul Kamil,

Mubes V IKASMA II Padang menjadi pembelajaran tentang indahnya demokrasi musyawarah mufakat.

Insannul Kamil memang sudah diperidiksi jauh hari sebelum Mubes V digelar. Wakil Rektor 3 Unand dan Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia itu dinilai banyak tokoh alumni sebagai sosok paling tepat menjadi perekat alumni lintas angkatan.

“Pak Nanuk itu akademisi, praktisi dan organisatoris juga entrpreneur yang sangat dikenal kekuatan jaringan nasional dan internasionalnya. Di tangan Pak Nanuk, Insya Allah ada kesatuan visi dan misi beralumni di semua tamatan SMA Negeri 2 Padang,,” ujar Fetris.

Insannul Kamil sendiri awalnya tidak mau maju sebagai calon ketua umum karena karakter alumni SMA N 2 Padang itu adalah menghargai dan menghormati senior.

“Tapi di arena Mubes dukungan kuat kepada kami, tidak bisa dibendung dan dialihkan, sehingga itu Bismillah. Saya genggam amanat ini, dan terima kasih kepada semua peserta mubes V dan OC serta SC Mubes V yang membuat acara ini seperti musyawarah sebuah keluarga besar tanpa sponsor tapi lewat kebersamaan menyiapkan pesta demokrasi alumni ini,”ujar Insannul Kamil.(rel)