Timsel Jaring Calon Komisioner KPID Sumbar

8
SELEKSI: (kiri-kanan) Sekretaris Komisi I DPRD Sumbar HM Nurnas, Ketua Timsel KPID Sumbar Ilham Adelano Azre, dan Sekretaris Pansel Afriendi Sikumbang memaparkan syarat pendaftaran calon komisioner KPID, kemarin (13/7).(IST)

Tugas Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumbar ke depan semakin berat. Apalagi dengan perkembangan digitalisasi saat ini. Sangat dibutuhkan para komisioner yang memahami aturan dan dinamika bidang penyiaran terkini dalam seleksi calon komisioner KPID.

Menyikapi itu, Sekretaris Komisi I DPRD Sumbar HM Nurnas memberikan ruang kepada tim seleksi (timsel) untuk menjaring orang-orang yang terbaik untuk memberikan edukasi, mengawasi dan memajukan dunia penyiaran Sumbar.

“Kami memberikan ruang kepada sebesar-sebesarnya kepada timsel untuk merekrut calon komisioner KPID Sumbar sesuai dengan aturan yang ada sehingga benar-benar terpilih orang-orang berkompeten nantinya,” ujar HM Nurnas di Ruang Khusus I DPRD Sumbar,  Selasa (13/7).

Menurut HM Nurnas, semua aktivitas seleksi tanggungjawabnya ada di timsel, penetapan diserahkan kepada pemda dan DPRD melakukan kelayakan dan kepatutan.


”Kita akan mencari maksimal tujuh orang calon Komisioner KPID Sumbar terbaik. Faktor integritas dan kompetensi terkait perkembangan serta persoalan sektor penyiaran terkini menjadi hal mendasar,” ujar HM Nurnas yang juga politisi senior Partai Demokrat Sumbar ini.

Ketua Timsel KPID Sumbar Ilham Adelano Azre mengatakan, Timsel KPID telah dibentuk dan diserahkan SK oleh DPRD pekan lalu. Timsel KPID Sumbar sudah bekerja dengan menjaring dan seleksi calon kominisioner pada 13 Juli – 13 Agustus 2021.

Baca Juga:  Sumbar Minta 800 Ribu Dosis Vaksin ke Pusat

”Pendaftaran sekaligus penerimaan dokumen pendaftaran dimulai tanggal 13 Juli 2021 dan ditutup pada tanggal 13 Agustus 2021dengan cap pos. Bagi yang diantar langsung, dibuka jam 08.00 -16.00 pada hari kerja,” jelas Azre.

Dosen Universitas Andalas ini menambahkan, pihaknya juga akan melakukan uji publik terhadap nama calon komisioner yang lolos seleksi administratif nantinya.

“Kita memohon bantuan rekan- rekan media untuk menyebarkan informasi agar bersifat terbuka karena seleksi ini kita lakukan transparan dan akuntabel dan dipertanggungjawabkan kepada publik,” ujar Azre.

Azre juga mendorong kepada masyarakat agar antusias melakukan pendaftaran calon komisioner KPID Sumbar serta memberikan masukan kepada Timsel.

“Semakin banyak yang mendaftar semakin baik. Kita akan proses dan umumnya setiap tahapan yang dilalui kepada publik,” tambah Azre didampingi Sekretaris Pansel Afriendi Sikumbang.

Dijelaskan Azre, ke depan dunia penyiaran akan semakin maju dan berkembang sehingga diperlukan calon komisioner yang melek terhadap perkembangan dinamika pernyiaran, aturan, edukasi serta melakukan pengawasan secara baik.

“Semoga calon komisioner KPID Sumbar memiliki kompetensi dalam segala bidang, komunikasi dan jiwa kepemimpinan yang baik serta berintegritas,” ujar Azre. (esg/eko)