Cegah Virus Korona, BLK Padang Bagikan Masker untuk Jurnalis

Staf Humas BLK Padang Dhani (tengah) menyerahkan bantuan masker di depan Kantor Perwakilan Padang Ekspres, Jalan Juanda Padang. (foto: ist)

Untuk membantu mencegah penularan virus korona di Sumbar, Balai Latihan Kerja (BLK) Padang menyumbangkan ratusan masker kepada para pemimpin redaksi (pemred) media dan para jurnalis di Sumbar.

Untuk para pemimpin redaksi yang tergabung dalam Jaringan Pemred Sumbar (JPS), bantuan puluhan masker diterima Koordinator JPS Heri Sugiarto. Sedangkan bantuan untuk para jurnalis Padang Ekspres, bantuan diterima Pemred Revdi Iwansyah Putra.

Bantuan tersebut diserahkan staf Humas BLK Padang Dhani mewakili Kepala BLK Padang Syamsi Hari, di depan Kantor Perwakilan Padang Ekspres, Jalan Juanda Padang, Rabu (15/4).

Menurut Dhani, bantuan untuk media dan jurnalis itu diproduksi sendiri oleh 16 orang peserta pelatihan menjahit masker yang ada di BLK Padang.

“Masker tersebut sesuai standar dari pihak medis. Bahannya oxford dua lapis. Sebelum ini, BLK Padang juga sudah mendistribusikan ribuan masker ke sejumlah rumah sakit untuk tenaga medis di Sumbar,” jelas Dhani.

Sebagai orang yang senantiasa aktif di lapangan meliput dan menyampaikan informasi kepada masyarakat, kata Dhani, jurnalis juga masuk kategori rentan terpapar jika tidak memakai alat pelindung diri (APD) seperti masker.

“Karena itu, Kepala BLK Padang, Pak Syamsi Hari memberikan bantuan masker tersebut kepada teman-teman media dan jurnalis. Sebagai upaya pemerintah yang mewajibkan memakai masker dalam mencegah penularan Covid-19,” katanya.

Sementara itu, Koordinator JPS Heri Sugiarto dan Pemred Padang Ekspres Revdi Iwansyah Putra mengapresiasi kepedulian sosial dari BLK Padang dan peserta pelatihan di BLK Padang yang memproduksi masker tersebut.

“Masker ini segera kami bagi-bagikan kepada rekan-rekan terutama yang aktif liputan penanganan Covid-19 di Sumbar,” kata Heri dan Revdi.

Sebelumnya, Polda Sumbar bekerja sama dengan BLK Padang dalam penyediaan tempat pelatihan bagi belasan polwan untuk memproduksi masker. Para personel terdiri dari bintara dan perwira tersebut belajar membuat masker non-medis untuk penanggulangan wabah Covid-19.(idr)