Kemenag Setujui MTQ Nasional di Sumbar Ditunda ke November

Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin. (Foto: Humas Kemenag RI)

Kementerian Agama RI menyetujui permintaan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno agar menunda pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat nasional ke-XXVIII tahun 2020 dari awalnya Agustus ke November 2020.

Persetujuan tersebut tertuang dalam surat balasan dari Kementerian Agama yang ditandatangani Direktur Jenderal Bimas Islam Kamaruddin Amin Nomor 1153/Dj.III.III/HM.00/4/2020 tertanggal 14 April 2020, ditujukan kepada Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

“Pada prinsipnya kami menyetujui penundaan pelaksanaan MTQ tingkat nasional di Provinsi Sumbar yang semula akan dilaksanakan 20 hingga 29 Agustus, menjadi bulan November,” kata Kamaruddin.

Dalam surat balasan tersebut, Kamaruddin juga menyatakan bahwa, untuk tanggal pelaksanaan akan ditentukan kemudian.

Sebelumnya, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat memimpin rapat perencanaan pelaksanaan MTQ Nasional, di Aula Kantor Gubernur, Sabtu (11/4), mengusulkan agar pembukaan MTQ Nasional digelar November 2020.

“Bukan berarti terjadi pembatalan, tapi diundur ke November. Karena pemerintah fokus dalam pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19 yang masuk dalam wilayah Sumbar,” ujar Irwan Prayitno.

Terkait anggaran MTQ Nasional, pemprov akan mengajukan kembali anggaran perubahan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2020. Pasalnya, anggaran yang sudah diplot sebelumnya telah digunakan untuk pencegahan dan penanganan Covid-19.

“Kalau diadakan tahun 2021, maka akan terjadi masalah anggaran, seolah-olah Sumbar tidak siap melaksanakan MTQ. Tapi kalau sekiranya seluruh Indonesia belum siap menganggarkan, maka kita tunggu biar menteri yang memutuskan. Apapun keputusan Menteri Agama kita akan terima,” katanya. (esg)