Positif Tambah 7, Ada Transmisi Luar Daerah dan Keluarga

Perkembangan penanganan Covid-19 di Sumatera Barat.

Pasien yang terkonfirmasi positif terinfeksi virus korona (Covid-19) di Provinsi Sumbar bertambah sebanyak 7 tujuh orang, Rabu (15/4). Dengan pertambahan itu, maka jumlah pasien positif menjadi 55 orang.

Pasien positif Covid-19 itu, sebanyak lima orang dari Padang, satu Pasaman Barat dan satu Tanahdatar. Mereka ada yang dirawat di rumah sakit, dan sebagian isolasi mandiri di rumah.

Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar Jasman Rizal menjelaskan, lima orang dari Kota Padang, rinciannya seorang laki-laki berusia 45 tahun yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan toko. “Kini diisolasi di rumahnya,” kata Jasman.

Kemudian, seorang ibu rumah tangga berusia tahun 59 tahun. Dia merupakan istri seorang pasien positif yang sekarang lagi dirawat di RSUP M. Djamil Padang. “Namun, ibu ini isolasi mandiri di rumah,” imbuh Jasman.

Pasien ketiga seorang laki-laki yang bekerja sebagai sopir tangki BBM, berusia 60 tahun. Dia terpapar dari luar  Sumbar.

Kemudian, sambung Jasman, seorang laki-laki berusia 54 tahun dan dirawat di RSUP M Djamil Padang. Ia terpapar dari salah satu pasien dalam pengawasan (PDP) yang sekarang juga lagi dirawat di rumah sakit yang sama.

Pasien kelima, laki-laki berusia 58 tahun. Seorang wiraswasta yang terpapar dari salah seorang pasien yang dirawat di RSUP M Djamil Padang. “Sekarang dia isolasi mandiri di rumah,” kata Jasman.

Sementara pasien dari Pasaman Barat  berusia 60 tahun merupakan ibu rumah tangga, kakak dari pasien yang positif sebelumnya di daerah sama. Sekarang isolasi mandiri di rumahnya.

Selanjutnya, pasien ketujuh yang terkonfirmasi positif hari ini, juga seorang wanita asal Tanahdatar berusia 40 tahun. Dia terpapar dari luar daerah. Sekarang juga isolasi mandiri di rumahnya.

“Semua pasien positif Covid-19 yang isolasi mandiri di rumahnya masing-masing, tetap dalam pengawasan protokol kesehatan yang ketat dari tim paramedis dan tim keamanan,” tutur Jasman.

Disisi lain, kata Jasman, kita patut bersyukur, ada satu orang lagi pasien RSUP M Djamil yang sebelumnya positif terinfeksi Covid-19 dinyatakan sembuh. “Yang bersangkutan wanita, 38 tahun, berasal dari Kota Padang dan sekarang telah pulang ke rumahnya,” katanya.(esg)