Mars Sumbar Ditetapkan, Sosialisasi Digencarkan

26
PENETAPAN: Ketua DPRD Sumbar Supardi menandatangani persetujuan Ranperda tentang Mars Sumbar, Senin (13/6).(HUMAS DPRD SUMBAR)

DPRD bersama Pemprov Sumbar resmi menetapkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Mars Sumatera Barat dalam rapat paripurna, Senin (13/6).

Ketua DPRD Sumbar, Supardi mengatakan akhir tahun 2021, DPRD bersama Pemprov telah membahas ranperda tersebut, tapi pembahasannya belum dapat dirampungkan, maka dilanjutkan awal 2022 sebagai Rancangan Peraturan Daerah diluar Propemperda Tahun 2022.

“Pada prinsipnya, pada masa persidangan kedua tahun 2021/2022, Ranperda tersebut telah dapat dirampungkan pembahasannya, tapi belum dapat dilanjutkan pada tahap pembicaraan tingkat kedua, karena menunggu hasil fasilitasi Kemendagri,” ucap Supardi.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui surat Nomor : 188.34/2864/OTDA tanggal 22 April 2022 telah menetapkan hasil fasilitasi terhadap Ranperda Mars Sumatra Barat.

Dari fasilitasi tersebut, terdapat beberapa catatan perbaikan yang perlu diakomodir dan Komisi V sebagai Komisi terkait telah mengakomodirnya, sebelum Ranperda dilanjutkan kepenetapan.

Dengan telah rampungnya pembahasan Ranperda tentang Mars Sumatera Barat, Supardi atas nama pimpinan dewan menyampaikan apresiasi dan ucapan terima terima kasih kepada Komisi V yang telah melaksanakan tugasnya dengan sungguh-sungguh.

Baca Juga:  SE Kemenhub Terbaru, Syarat Naik KA Lokal & KA Perintis di Divre II Sumbar

Sehingga Rancangan Peraturan Daerah tentang Mars Sumatera Barat dapat ditetapkan pada rapat paripurna kali ini. ”Nanti, setelah ditetapkan dan diundangkan, sudah dapat dinyanyikan pada peringatan Hari Jadi Sumatra Barat ke-77, 1 Oktober 2022,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy mengatakan, teks sudah digagas jauh hari, bahkan tahun 1985. Sementara, kabupaten dan kota lain di Sumbar juga telah ada marsnya, seperti Kabupaten Sijunjung, dan untuk Sumbar akhirnya juga berhasil ditetapkan.

“Alhamdulillah sudah ditetapkan sebagai Mars, tugas ke depannya kita mensosialisasikan, pelan-pelan kita sosialisasi mars Sumatra Barat ini baik di sekolah maupun universitas,” ujar Audy.

Lewat mars ini, kata Audy, diharapkan bisa menumbuhkan semangat dan kecintaan terhadap Sumbar. (eko)