Dispora Sumbar Cari 1 Kader Pemuda Daerah Ikuti Program PPAN 2022

24
Seleksi PPAN 2022 di Kantor Dispora Sumbar dibuka oleh Kepala Dispora Sumbar Dedy Diantolani.

Dispora Sumbar saat ini sedang menyeleksi kader pemuda daerah untuk mengikuti program Pertukaran Pemuda Antar Negara. PPAN 2022 ini, Sumbar kebagian untuk mengisi satu orang kadernya dengan sasaran program Pertukaran Pemuda Indonesia-Australia (PPIA), atau Australia – Indonesia Youth Exchange Program.

“Sebanyak 10 pemuda kader daerah sudah dinyatakan lolos tes administrasi pada minggu lalu. PPAN salah satu media untuk membentuk pemuda Indonesia agar berwawasan global. Program ini juga jembatan diplomasi jangka panjang yang menghubungkan Indonesia dengan Australia, Korea Selatan, India, Malaysia, Singapura, Kanada dan ASEAN-Jepang,” ungkap Kadispora Sumbar Dedy Diantolani SSos MM, Senin (16/5).

Maka, kata Dedy, Pemprov Sumbar melalui Dinas Pemuda dan Olahraga mengadakan kegiatan seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN), sehingga nantinya terpilih peserta yang benar-benar kader daerah dan telah memiliki pengalaman dalam hal pengembangan masyarakat (community development).

“Kita dari Kemenpora pada tahun 2022 ini hanya mendapatkan satu orang saja yang akan diberangkatkan ke Australia melalui berbagai seleksi yang dilakukan,” imbuh Dedy.

Baca Juga:  Harga Sembako Meroket, Pemkab Agam Gelar Bazar!

Sementara itu, panitia program PPAN 2022, Jaka Erlanda SSTP mengatakan ada dua kriteria yang harus dipenuhi sebagai program pertukaran pelajar antar negara yaitu yang pertama kriteria umum dan kriteria khusus.

Dan untuk pembiayaannya yaitu berasal dari kementerian dan juga dibantu oleh Dispora Provinsi Sumbar dan bantuan yang tidak mengikat dari pihak lainnya. (cr6)