Disnakerin Padang Fasilitasi Pelatihan Barista di Royal Asia College

51
Kadisnakerin Padang Yunisman memberikan pengarahan pada peserta pelatihan barista di Royal Asia College, Selasa (16/6/2020)

Sebanyak delapan orang mengikuti pelatihan barista (ahli peracik kopi) di Royal Asia College, Jalan Samudera No 16 EFG Pantai Padang, Selasa (16/6). Pelatihan gratis hasil kerja sama dengan Disnakerin Padang itu dilaksanakan selama lima hari dan sudah dimulai sejak Senin (15/6/2020).

Selasa (16/6/2020) Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Padang, Yunisman SE MM berkesempatan memberikan arahan kepada peserta pelatihan.

Yunisman mengharapkan peserta agar serius mengikuti pelatihan yang dilaksanakan. Dengan ilmu keterampilan yang diperoleh nantinya, diharapkan dapat menjadi peluang lapangan kerja. Apalagi usaha coffee shop menjamur di Kota Padang saat ini.

“Selain membuka peluang kerja, dengan ilmu dan skill yang diperoleh juga dapat menjadi peluang untuk membuka usaha coffee shop sendiri,” ujarnya.

Dalam arahannya, Yunisman pelatihan yang dilaksanakan ini merupakan kerjasama Disnakerin Kota Padang dengan Royal Asia College. Program pelatihan ini merupakan salah satu bentuk upaya mengatasi dampak ekonomi dan sosial dari Covid 19.

“Jadi kami memang menyasar pesertanya adalah karyawan yang di-PHK dan yang dirumahkan,” ujar Yunisman.

Director Royal Asia College, Arisman Al Faridzi, mengatakan materi pelatihan yang diberikan berupa pengenalan bahan baku kopi, metode kerja, pengenalan peralatan, dan pemakaian peralatan meracik kopi.

Selain itu, juga ada materi cara melayani costumer, praktek meracik kopi, metode penyeduhan kopi secara manual (manual brew), pengenalan produk (product knowledge), pelatihan seni melukis di atas kopi (latte art).  “Pelatihan melibatkan tiga tenaga pengajar profesional dari pelaku industri kopi,” ujarnya.

Pelatihan barista ini menurutnya pertama kali digelar Royal Asia College bekerjasama dengan Disnakerin Kota Padang. Tidak tertutup kemungkinan akan dilaksanakan pelatihan untuk tahap berikutnya.

“Mereka yang ikut pelatihan ini akan mendapat sertifikat dan akan dibantu untuk disalurkan peluang kerjanya di usaha coffee shop. Selain itu, juga akan dilakukan pendampingan bagi peserta yang ingin merintis usaha coffee shop,” ujarnya. (hsn)