Pilgub Sumbar, Masyarakat Garabak Data Siap Menangkan Nasrul Abit

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit saat melakukan kunjungan kerja ke Nagari Garabak Data, Kabupaten Solok. (IST)

Masyarakat Nagari Garabak Data, Kecamatan Tigo Lurah, Kabupaten Solok, siap memberikan suara penuh bahkan bertekad memenangkan Nasrul Abit dalam kontestasi Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur atau Pilgub Sumbar pada 9 Desember mendatang.

Nasrul Abit, sosok yang ramah dengan masyarakat. Punya rekam jejak yang baik serta tak segan menjemput aspirasi masyarakat yang berada di pelosok, membuat salah satu dari sekian banyak faktor kenapa masyarakat Garabak Data memantapkan pilihan kepada birokrat ulung yang mengusung visi Pilkada untuk Sumbar yang lebih unggul itu.

“Kami akan memilih Bapak. Kami siap memenangkan Bapak. Insya Allah dengan dukungan kami dan ridho Allah, Bapak yang saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur, insya Allah akan menjadi Gubernur. Amin,” ungkap salah seorang tokoh masyarakat Garabak Data, Nawardi Datuk Rajo Sampono dihadapan Nasrul Abit saat tatap muka, Senin (10/08/2020) malam.

Menurut Nawardi, dengan datangnya Nasrul Abit ke Garabak Data, membuktikan bahwa Nasrul Abit memang sosok yang peduli dengan masyarakat yang tinggal di pelosok. Memiliki rekam jejak mampu mengeluarkan kabupaten dan kota atau nagari tertinggal selama ini. Masyarakat Garabak Data selain berharap, juga yakin jika menjabat sebagai Gubernur dimasa yang akan datang, Nasrul Abit juga akan mampu mengeluarkan Garabak Data dari daerah tertinggal.

Selain ekonomi, pendidikan dan kesehatan kata Nawardi, persoalan Garabak Data selama ini yang tak kunjung selesai adalah persoalan infrastruktur jalan. Akses jalan sepanjang 94 kilometer menjadi kendala utama. Selama ini, rencana pembangunan infrastruktur jalan di Garabak Data, hanya sebatas wacana. Namun, dengan kedatangan Nasrul Abit melihat, merasakan langsung bagaimana sulitnya akses menuju Garabak Data, masyarakat setempat yakin akan ada perubahan yang nyata.

“Di sini Pak, yang menjadi kendala utama kami adalah jalan. Harapan besar kami kepada Bapak, tolong bangun jalan. Kami siap memenangkan Bapak di sini. Bahkan, bila perlu kami akan shalat tahajud bersama. Insya Allah, dengan ridho Allah, bapak akan menjadi Gubernur. Suara kami, untuk Bapak,” tutur Nawardi.

Baca Juga:  Pesepeda Harus Tahu, Kini Aktivitasnya Resmi Diatur Pemerintah

Mendengar itu, Nasrul Abit menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya. Menurut Nasrul Abit progres pembangunan Infrastruktur terutama akses jalan di Garabak Data saat ini sudah berjalan. Kini, masih menunggu proses amdal. Jika dokumen amdal selesai, maka seluruh dokumen akan diajukan ke Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Saya terima kasih atas dukungan dari masyarakat Garabak Data. Saya ada kesempatan maju, dan saya maju. Sekali lagi, saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya. Insya Allah, apa yang menjadi keluhan masyarakat, akan kami selesaikan. Terpilih besok, saya akan berupaya selesaikan seluruh persoalan. Tidak pun terpilih, apa yang bisa saya selesaikan dengan jabatan saat ini, akan saya selesaikan, karena itu adalah tanggung jawab kami sebagai pemerintah. Saya juga berasal dari daerah yang tertinggal dan merasakan hal yang sama seperti apa yang dirasakan oleh masyarakat disini,” tutur Nasrul Abit.

Izin pembangunan jalan di Garabak Data kata Nasrul Abit, juga harus dikeluarkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Pasalnya, kawasan yang dibuka untuk akses jalan itu, adalah kawasan hutan lindung. Nasrul Abit menegaskan, izin akan dikeluarkan oleh Kementerian LHK. Apalagi, mengingat peruntukannya untuk kepentingan masyarakat banyak.

“Insya Allah izin akan kita dapatkan. Di Mentawai juga ada kawasan hutan lindung, dapat kok izinnya. Ini kan untuk kepentingan masyarakat banyak. Namun demikian, pembangunan tidak bisa dilaksanakan pada tahun ini. Selain proses amdal yang membutuhkan waktu, juga karena seluruh anggaran sudah terserap untuk penanganan Covid-19. Kemungkinan, pembangunan bisa dilakukan pada tahun 2021,” ulas Nasrul Abit. (*)