Tujuh Pasien Baru Positif Berasal dari Empat Daerah di Sumbar 

Perkembangan penanganan Covid-19 di Sumatera Barat.

Jumlah pasien baru terkonfirmasi positif terjangkit virus korona (Covid-19) di Sumbar bertambah sebanyak tujuh orang. Mereka berasal dari empat daerah di Sumbar dan dinyatakan positif berdasarkan hasil swab Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran Unand yang dipimpin dr. Andani.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar Jasman Rizal menyebutkan, dengan pertambahan tujuh pasien itu, maka jumlah pasien positif hingga Jumat (17/4) menjadi 62 orang.

“Dari 62 orang tersebut, 11 orang sembuh, enam orang meninggal dunia, 16 orang dirawat di berbagai rumah sakit dan 25 orang isolasi di rumah dan empat orang diisolasi di Bapelkes Provinsi Sumbar di Padang,” jelas Jasman.

Pasien baru positif terinfeksi Covid-19 tersebut berasal dari Kota Padang tiga orang, Pesisir Selatan (Pessel) dua orang, satu orang dari Kabupaten Solok dan satu orang dari Kabupaten Dharmasraya.

Pasien dari Kota Padang terdiri dari, satu orang laki-laki berusia 61 tahun yang merupakan suami dari pasien terinfeksi positif sebelumnya. “Sekarang isolasi mandiri di rumahnya,” kata Jasman.

Kemudian, laki-laki berusia 57 tahun. Isolasi mandiri di rumahnya. Pasien karyawan toko di Padang.

Pasien ketiga dari Padang, seorang perempuan berusia 50 tahun dan jalani  isolasi mandiri di rumah. “Pasien terpapar saat kontak dengan salah seorang pasien positif terinfeksi Covid-19,” jelas Jasman.

Sementara pasien dari Pessel dua orang wanita, berusia 20 tahun dan 42 tahun. Keduanya diisolasi mandiri di rumahnya masing-masing. “Keduanya terpapar di tempat kerja,” imbuhnya.

Selanjutnya di Kabupaten Dharmasraya pasien positif terinfeksi Covid-19 adalah laki-laki, 59 tahun yang terpapar dari luar daerah. “Sekarang dirrawat di RSUD Sungaidareh,” kata Jasman.

Lalu di Kabupaten Solok, satu orang laki-laki berusia 77 tahun dan sekarang dirawat di RSUP M Djamil Padang.

“Untuk pasien sembuh, hari ini bertambah satu orang sehingga totalnya menjadi 11 orang,” kata Jasman yang juga Kabiro Humas Pemprov Sumbar itu.

Disamping ada yang sembuh, kata Jasman, ada seorang pasien positif terinfeksi Covid-19 meninggal dunia. Pasien tersebut sebelumnya dirawat di RS Universitas Andalas, laki-laki berusia 54 tahun asal Kota Padang.(esg)