Nevi Minta Pembangunan Infrastruktur Menggerakkan Ekonomi Daerah

7

Anggota DPR RI Nevi Zuairina meminta pemerintah melalui komisinya di DPR yang membidangi UMKM, BUMM, Pasar Modal, dan Perdagangan agar kebijakan mengejar pembangunan infrastruktur adalah untuk mempercepat laju pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional.

Politisi PKS ini mengatakan, pasca krisis moneter tahun 1997 dan krisis keuangan global tahun 2008 silam, pemerintah berupaya meningkatkan anggaran untuk sektor pembangunan infrastruktur di semua lini, baik sarana dan prasarana jalan dan jembatan, pelabuhan laut maupun pelabuhan udara.

“Pada kasus pembangunan di Sumbar, saya berharap, agar proses integralisasi pembangunan tidak hanya melibatkan pemprov semata, namun juga menjadi bagian dari tanggung jawab dan program dari pemerintah kabupaten dan kota,” jelas Nevi.

Legislator asal Sumbar II ini mengatakan, infrastruktur yang layak dan memadai, akan menunjang kelancaran proses distribusi barang dan jasa dari suatu titik ke titik lainnya. Sangat penting juga,  keberadaan infrastruktur yang layak akan menjadi bagian dalam upaya pelayanan kepada masyarakat.

Ia mencontohkan, Sumatera Barat, sebagai daerah yang memiliki sumber daya alam yang cukup karena memiliki garis pantai dan ketersediaan lahan untuk pelabuhan serta jaringan konektivitas ke daerah tetangga seperti Riau, Jambi, Sumatera Utara dan Bengkulu. Maka, Sumbar perlu mengintegrasikan diri ke.dalam program kerja pemerintah secara utuh dan bersungguh sungguh.

Baca Juga:  Dukung Ketahanan Pangan & Peduli Petani, Nevi Serahkan Alsintan di Dapil

“Kita menyadari bahwa berbagai fasilitas fisik dan sarana penunjang adalah hal vital untuk mendukung berbagai kegiatan perekonomian, industri bahkan kegiatan sosial dan pemerintahan. Pentingnya keberadaan dan penyediaan Infrastruktur harus disadari sebagai hal mutlak untuk mengejar ketertinggalan pertumbuhan ekonomi kawasan,” ungkap Nevi Zuairina.

Politisi PKS ini menambahkan, di balik pentingnya infrastruktur sebagai salah satu pendukung berkembangnya ekonomi, hal yang juga tidak boleh diabaikan adalah pentingnya membangun sumber daya manusia mumpuni guna mendukung terciptanya ekosistem yang baik. Dengan demikian mimpi negara Indonesia untuk menjadi negara yang maju dalam ekonomi dapat terwujud.

“Sumatera Barat kini harus mengambil sikap, tidak hanya Gubernur dan perangkat pemerintah provinsinya. Namun juga bupati dan wali kota serta semua instrumen yang ada harus dikerahkan untuk mendukung kerja nyata ini yaitu meningkatkan kualitas infrastruktur yang ada dan menghentikan stagnasi kuantitas yang sudah lama terjadi. Termasuk peran masyarakat adat bersama para ninik mamaknya amat sangat diperlukan. Semoga Sumbar mampu makin berkembang dan tumbuh bersama daerah lain untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi yang lebih baik di masa datang,” jelasnya.(rel)