Dekranas dan Lantamal II Ciptakan Wirausaha Baru di Sungai Pisang

16

Pemukulan gendang oleh Wakil Ketua Umum Dekranas, Nani Hadi Tjahjanto, menandai diresmikannya Kegiatan Sinergitas Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dan Dekranasda Sumbar bersama Lantamal II.

Kegiatan pembinaan istri-istri nelayan menjadi wirausaha ini mengusung tema Membangun Kampung Bahari Nusantara melalui wirausaha baru di Sungai Pisang, Teluk Kabung, Padang, Kamis (17/6/2021).

Pemukulan gendang dilakulannya bersama-sama dengan Endang Budi Karya Sumadi, Ketua Bidang Wirausaha Baru Dekranas, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, Danlantamal II Laksma TNI Hargianto dan Ketua Dekranasda Sumbar Ummi Harneli Mahyeldi.

Danlantamal II Padang, Laksma TNI Hargianto menyampaikan bahwa kegiatan ini bagian penting dari pembinaan potensi maritim, khususnya masyarakat pesisir, dalam wujud kampung bahari nusantara.

“Di samping pembinaan wirausaha, Lantamal II Padang juga memberikan pelatihan selam, budidaya kerapu, rumah pintar, sunatan massal, penghijauan pantai dengan menanam 2.295 jenis pohon, seperti sirsak, jambu, cemara laut dan petai,” ungkap Hargianto.

Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy juga mengapresiasi kegiatan Kampung Bahari yang dilakukan Lantamal II, khususnya dalam membantu tumbuhnya wirausaha baru di Kampung Pisang.

“Kegiatan ini sangat tepat sekali dan sesuai misi kami menghasilkan wirausaha-wirausaha baru. Terimakasih pada Dekranas dan Dantamal II, telah melatih istri-istri nelayan. Apalagi di tengah pandemi saat ini, sangat berarti sekali,” ujar Audy.

Baca Juga:  Program Pembangunan Sumbar akan Serampangan tanpa Data dan Statistik

Sementara itu, Nani Hadi Tjahjanto, menyebut keberadaan Kampung Bahari Nusantara merupakan potensi besar untuk peningkatan ekonomi masyarakat pesisir pantai. Di samping itu juga menunjang ketahanan Pangkalan Utama Laut dengan membangun sarana dan fasilitas umum dan juga akan mendorong perkembangan wisata Kota Padang.

Nani juga mengatakan potensi kerajinan masyarakat Sumbar sangat besar. Khususnya kerajinan sulaman, bordir, tenun, cendramata dan kuliner.

Nani mengimbau pemerintah daerah agar bisa memberikan program-program untuk menyiapkan perajin unggul dengan produk yang berdaya saing. Termasuk mendorong kemitraan dengan berbagai lembaga nasional maupun internasional untuk meningkatkan pemasaran.

“Dekranas juga mendorong pelaku usaha agar lebih memanfaatkan digital marketing melalui medsos. Yang paling penting adalah, identitas tradisional kerajinan kita harus tetap dipertahankan. Sumbar itu sangat potensial. Apalagi kulinernya, tadi makan sampai nambah 3 kali. Rendangnya enak sekali,” tutur Nani.

Dalam kegiatan ini, Ketua Dekranasda Sumbar Harneli Mahyeldi juga melakukan pemasangan kain selempang pandai sikek kepada Nani Hadi Tjahjanto dan Endang Budi Karya Sumadi.

Usai pembukaan, rombongan meninjau stan UMKM dan penanaman bibit pohon cemara laut. Rombongan menikmati durian, lemang dan kelapa muda, melaksanakan penilaian perahu hias dan menikmati sunset.(idr)