Tiga Kloter Jamaah Asal Sumbar Menuju Mekkah, Kondisi Jamaah Sehat

10
SEHAT: Sejumlah JCH asal Sumbar melakukan prosesi ibadah haji di Masjidil Haram. Jamaah dilaporkan dalam keadaan sehat.(IST)

Setelah keberangkatan 4 kloter embarkasi Padang dari Madinah ke Mekkah, kini tersisa 3 kloter jamaah calon haji (JCH) yang masih berada di Madinah. Dengan jumlah total jamaah sebanyak 1.160 orang.

Kepala Bidang PHU, Kanwil Kemenag Sumbar Joben kepada Padang Ekspres, Kamis (16/6) mengatakan jamaah haji embarkasi Padang sudah bergerak menuju Makkatul Mukarrahmah. Sebanyak 1.558 orang jamaah yang berasal dari kloter I-IV.

“Alhamdulillah sampai saat ini jamaah embarkasi Padang dalam keadaan sehat. Semuanya menjalankan kegiatan dengan lancar,” ungkap Joben, Kamis (16/6).

Lebih lanjut, ia menuturkan kloter IV embarkasi Padang sampai tadi dalam waktu Arab Saudi, yang diberangkatkan menggunakan bus shalawat yang telah disediakan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi.

“Berikutnya akan berangkat jamaah dari kloter V ke Mekkah, sebelumnya jamaah akan menyelesaikan arbain dan melakukan ziarah terlebih dahulu, dengan pelaksanaan kegiatan selama 8 hari di Madinah,” sebutnya.

Lebih lanjut, ia menyebutkan jamaah yang dari hotel di Madinah sudah memakai pakaian ihram menaiki bus, terus berangkat ke Mekkah.

Baca Juga:  KI Sumbar Gelar Lomba Karya Tulis Jurnalistik & Blog Keterbukaan Informasi

Sebelum tiba, ambil miqat dulu di Bir Ali dan lanjut ke Mekkah. Setelah sampai di Mekkah jamaah langsung masuk hotel, istirahat dan makan. Selanjutnya jamaah bersiap-siap untuk melaksanakan tawaf ke Masjidil Haram.

“Pastinya kesehatan jamaah menjadi prioritas utama bagi petugas kloter disana,” jawabnya.

Ia berharap seluruh jamaah dalam keadaan sehat dan selamat sampai pulang ke Tanah Air. “Kloter lainnya akan menyusul sesuai jadwal yang ditentukan, jadi kita berharap semua dapat berjalan dengan lancar ke depannya,” ungkapnya. (cr4)