10 Kabupaten/Kota masih Berstatus Zona Orange

39
ilustrasi. (net)

Sebanyak 10 daerah berstatus zona orange berdasar hasil perhitungan 15 indikator data onset pada minggu ke-45 pandemi Covid-19 di Sumbar. Di mana, paling rendah skornya adalah Kabupaten Pasaman Barat.

Daerah tersebut yakni Kabupaten Dharmasraya (skor 2,32), Kabupaten Agam (skor 2,31), Kabupaten Pesisir Selatan (skor 2,29), Kabupaten Solok (skor 2,28), Kabupaten Pasaman (skor 2,24) Kota Sawahlunto (skor 2,10).

Kabupaten Limapuluh Kota (skor 2,10), Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Tanahdatar (skor 2,08), kemudian Kabupaten Pasaman Barat (skor 1,95). “Untuk kami harapkan semua kabupaten dan kota lebih mengintensifkan pemeriksaan sampel kepada warganya yang bertujuan agar penyebaran dan penangananan Covid-19 dapat lebih baik lagi,” kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal, kemarin.

Sementara itu, Kabupaten Sijunjung (skor 2,60), Kota Pariaman (skor 2,54), Kabupaten Kepulauan Mentawai (skor 2,48). Kota Payakumbuh (skor 2,48), Kota Padangpanjang (skor 2,45), Kota Solok (skor 2,45),Kabupaten Padangpariaman (skor 2,43), Kota Padang (skor 2,42) dan Kota Bukittinggi (skor 2,41), berada pada zona kuning penyebaran Covid-19.

“Melihat skor daerah itu, pada minggu ke 44 pandemi Covid-19 di Sumbar, Kabupaten Sijunjung memiliki skor terbaik. Kita berharap dengan pemberlakuan Perda No 6 tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru di Sumbar, akan semakin mempercepat memutus mata rantai Covid-19 di Sumbar. Kabupaten Kepulauan Mentawai masih mempertahankan sebagai satu-satunya di Sumbar yang belum ada kasus kematian di daerahnya,” tuturnya.

Vaksin masih Menunggu

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Mentawai, Lahmuddin Siregar mamastikan pelaksanaan vaksin Covid-19 di Mentawai dilakukan Februari mendatang. Untuk vaksin tahap awal tidak hanya dilakukan pada tenaga kesehatan namun juga bagi non-nakes.

Meski begitu, dia belum memastikan jumlah nakes dan non-nakes yang akan divaksin tersebut. Pihaknya saat ini, mengaku tengah memvalidasi data nakes dan non-nakes di Mentawai.

Baca Juga:  Masih Terjadi Kelangkaan BBM di Sumbar

“Kita masih update data. Sebab, kita tidak hanya akan melakukan vaksin tahap awal kepada nakes, tapi juga non nakes. Mohon bersabar ya, untuk menunggu informasi selanjutnya,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, tidak ada kendala dalam hal gudang penyimpanan vaksin sebelum pemberian vaksin. Terkait distribusi vaksin ke Mentawai, pihaknya akan menjemput langsung ke Tim Satgas Covid-19 yang ada di Provinsi. Nantinya, kata dia, distribusi vaksin sendiri, bisa langsung Tuapejat atau pun Puskesmas yang ada di Kepulauan Mentawai.

“Kita upayakan untuk menjemput langsung vaksin ke Pemprov. Untuk selanjutnya didistribusikan ke Tuapejat, maupun Puskesmas-Puskesmas yang ada di Kepulauan Mentawai,” ucapnya.

Ketua PWI Kepulauan Mentawai, Erianto Leo menilai perlunya sosialisasi secara masif tentang vaksin Covid-19 di Kepulauan Mentawai. Dengan begitu, nantinya tidak ada prasangka atau pun keraguan di tengah masyarakat untuk sedia divaksin. “Pemerintah dalam hal ini dinas kesehatan mesti masif dalam menyosialisasikan vaksin Covid-19 kepada masyarakat. Agar tidak ada saling curiga dan yang lainnya,” pungkasnya.

Sementara untuk pelaksanaan vaksin bagi tenaga medis di Kota Pariaman informasi awal akan berlangsung Februari. Data sementara jumlah tenaga kesehatan yang akan menjalani swab mencapai 785 orang. Sedangkan sasaran vaksin di Kota Pariaman mencapai 46.583 orang.

Meski demikian untuk tanggal pasti pelaksanaan penyuntikan vaksin Covid-19 tersebut belum diterima. “Kami masih menunggu arahan selanjutnya dari Dinkes Sumbar. Hingga saat ini belum ada pendistribusian vaksin ke Kota Pariaman,” kata Plt Kadis Kesehatan Kota Pariaman Nazifah.

Ia mengatakan Kota Pariaman memiliki gudang farmasi yang siap menyimpan vaksin sebelum dibagikan ke tujuh puskesmas yang nantinya akan memberikan pelayanan bagi tenaga medis. Sesuai ketentuan mereka yang wajib mengikuti vaksin nantinya pada tahan kedua mulai dari usia 18 tahun hingga 59 tahun.  (wni/rif/nia)