Hamdani Penjabat Gubernur Sumbar hingga Mahyeldi-Audy Dilantik

4040

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian akan melantik Penjabat Gubernur Sumbar yang akan menggantikan Pelaksana Harian (Plh) Gubernur yang dijabat Sekprov Alwis.

Pelantikan penjabat yang diangkat Presiden itu, akan dilakukan di Kemendagri, Jakarta, sekitar pukul 09.00, Kamis (18/2/2021).

Dirjen Otonomi Daerah Akmal Malik ketika dikonfirmasi menyebutkan bahwa penjabat yang akan dilantik sebagai Penjabat Gubernur Sumbar adalah Hamdani yang kini menjabat Plh Sekjen Kemendagri dan Staf Ahli Mendagri bidang Ekonomi dan Pembangunan.

Penjabat Gubernur akan mengisi kekosongan jabatan gubernur hingga dilantiknya Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih hasil Pilkada 2020, Mahyeldi Ansharullah dan Audy Joinaldy.

“Iya, beliau (Hamdani, red),” ungkap Akmal ketika dikonfirmasi, Rabu (17/2/2021) malam.

Hamdani ketika dikonfirmasi juga membenarkan. “Benar adinda. Mohon dukungan masyarakat dan rekan-rekan jurnalis,” ungkap pejabat eselon I Kemendagri yang pernah menjabat Direktur Anggaran Direktorat Keuangan Daerah Kemendagri dan Penjabat Gubernur Bali 2018.

Sebelumnya, Kepala Biro Pemerintahan Setprov Sumbar Iqbal Ramadi Payana menyebutkan Kemendagri menunjuk Penjabat (Pj) Gubernur yang akan dilantik Mendagri, Kamis (18/2/2021).

Baca Juga:  Pelunasan Biaya Haji Ditenggat 20 Mei, CJH Segera Konfirmasi Pelunasan

Hal itu diungkapkan Iqbal setelah Kemendagri mengeluarkan Radiogram Nomor T.121/1037/OTDA terkait akan dilantiknya Penjabat (Pj) Gubernur Sumbar, Kepri, Jambi dan Bengkulu Kamis (18/2/2021) pukul 09.00 di Kemendagri.

“Mendagri Tito Karnavian dijadwalkan akan melantik Pj Gubernur Sumbar untuk mengisi kekosongan jabatan Gubernur Sumbar,” kata Iqbal. Namun dia tidak bisa menyebutkan siapa Penjabat Gubernur yang dilantik.

Radiogram, katanya tiba mendadak sehingga Plh Gubernur Alwis yang menjabat sekarang menghadirinya secara virtual.

“Karena dalam undangan diminta Plh Gubernur hadir secara virtual,” katanya.(rdo/esg/wni)