Pasar Raya Padang Ditutup Sebagian, Tarusan Pessel Lockdown

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. (Foto: dok.padek)

Angka kasus positif virus korona (Covid-19) di Sumbar terus menunjukkan tren peningkatan. Total pasien positif terpapar Covid-19 mencapai 71 orang hingga Sabtu (18/4) ini, bertambah sembilan orang dari sehari sebelumnya 62 orang.

Pasar Raya Padang dan Tarusan di Kabupaten Pesisir Selatan ditetapkan sebagai zona merah. Sehingga dilakukan penutupan sebagian di Pasar Raya Padang, dan penutupan total (lockdown) di Tarusan.

“Saya sudah dapat informasi langsung dari Laboratorium Biomedik Unand, Jumat (17/4) sore tambah enam yang positif dari Padang semua. Lalu malamnya tambah tiga, juga dari Padang semua. Jadi tambah sembilan yang positif. Totalnya yang positif jadi 71 orang,” kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Sabtu (18/4/2020).

Dia menambahkan, berdasarkan hasil pengembangan transmisi, sebagian besar dari sembilan pasien baru positif Covid-19 itu berasal dari cluster Pasar Raya Padang.

“Kadisperindag Sumbar bersama Kadisperindag Kota Padang sudah rapat, dan kesepakatannya akan di-block (tutup) beberapa tempat yang menjadi sumber utamanya transmisi (penularan) di Pasar Raya Padang,” terangnya.

Selain Pasar Raya Padang, kata Irwan, satu titik lagi di Sumbar yang masuk zona sangat merah atau angka transmisi kasus positif Covid-19 tinggi adalah Pasar Tarusan, Pesisir Selatan (Pessel).

“Kata Bupati Pesisir Selatan Pak Hendra Joni, Tarusan di-lockdown (karantina total). Orang lain ga boleh masuk dan orang yang akan keluar ga boleh lagi,” tukasnya. (esg)