APD Tenaga Medis Sumbar Lengkap untuk Kebutuhan Sebulan ke Depan

Pembongkaran APD Penanganan Covid-19 yang didatangkan dari Tiongkok di Pusdalops BPBD Sumbar. (Foto: IST)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumbar yang tergabung Gugus Tugas Penanganan Covid-19, kembali mendatangkan puluhan ribu perangkat alat pelindung diri (APD) dari Shanghai, Tiongkok.

APD yang datang tersebut dibongkar langsung di Gudang Logistik Pusat Pengendalian Operasional (Pusdalops) BPBD Provinsi Sumbar, Senin (18/5/2020).

Pembongkaran perangkat APD tersebut disaksikan Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Provinsi Sumbar, Erman Rahman, perwakilan Kejaksaan Tinggi Sumbar, Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Sumbar, Inspektorat Sumbar serta para wartawan.

Kalaksa BPBD Provinsi Sumbar, Erman Rahman mengatakan, perangkat APD yang didatangkan tersebut terdiri dari, tambahan baju hazmat premium, sebanyak 7.800 pcs.

Di mana sebelumnya, juga telah didatangkan 52.200 baju hazmet premium dari total 60.000 pcs yang sudah dipesan.

Lalu, masker N95 untuk dokter dan tenaga medis sebanyak 60.000 unit, sarung tangan (hand glove) sebanyak 60.000 unit, penutup kepala medis sebanyak 60.000 unit dan kacamata goggles sebanyak 10.000 unit. “Kemarin, juga sudah didatangkan 5.000 unit sepatu boot pelindung,” ujarnya.

Dengan kedatangan perangkat APD kali ini, kata Erman, maka perangkat APD yang didatangkan sudah lengkap satu set, untuk tenaga medis.

”Dengan mendatangkan 60.000 APD lengkap, maka jumlah ini bisa memenuhi kebutuhan APD tenaga medis di Sumbar, untuk satu bulan ke depan. Kalau sudah habis dan terjadi lonjakan pasien, kita pesan lagi untuk perlindungan tenaga medis kita di rumah sakit-rumah sakit,” ujar Erman.

Erman mengungkapkan, APD ini sangat dibutuhkan tenaga medis karena tenaga medis garda terdepan yang bersentuhan langsung dengan pasien Covid-19.

“Karena begitu pentingnya kebutuhan APD ini, maka kita pesan langsung dari Shanghai. Dengan jumlah banyak ini dapat memenuhi kebutuhan tenaga medis di rumah sakit di Sumbar,” ujarnya.

Dalam proses pendistribusian perangkat APD ini, menurut Erman, pihaknya akan menyerahkan secara bertahap ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Prorvinsi Sumbar.

Dinkes Sumbar akan mendistribusikan ke rumah sakit yang ada di Sumbar.

“Penyerahan ke Dinkes Provinsi Sumbar dilakukan secara bertahap. Tahap awal kita serahkan 10.000 masing-masing perangkat APD terlebih dahulu,” ujarnya.(esg)