Munas VII Gebu Minang, Pilih Ketua Umum Baru, Sejumlah Nama Menghangat

61

Gebu Minang melaksanakan Musyawarah Nasional (Munas) ke-7 pada 25-28 Mei 2022 di Hotel Truntum Padang. Disebut-sebut bakal dihadiri 400 orang pada pembukaan acara, terdiri atas 200-an anggota Gebu Minang beserta organisasi yang bernaung di dalamnya, serta 200 tokoh Minang se-Indonesia dan luar negeri.

“Para peserta Munas 7 berasal dari 20 DPW, 80 DPD, serta 15 organisasi yang bernaung. Khusus acara pembukaan, kuga kita undang sekitar 200 tokoh Minang. Tentunya juga Gubernur, Wagub, Wali Kota,” ujar Ketua DPW Gebu Minang Sumbar itu, saat jumpa pers Munas ke VII Gebu Minang, Rabu malam (18/5), di Hotel Mercure Padang.

Seperti diketahui, OSO (Oesman Sapta Odang) sudah berakhir kepengurusannya 2021 kemarin. Ditanya wartawan nama-nama yang telah menghangat sebagai Ketua Umum DPP Gebu Minang 2022-2027, Ketua OC (Organizing Comitte) Munas Gebu Minang itu enggan menyebutkan secara gamblang. Wali Kota Padangpanjang itu mengatakan jika hal itu bukan ranahnya.

“Soal nama-nama yang mencuat, kami tidak etis untuk menyampaikannya. Itu gawe Steering Comitte (SC) yang diketuai Alirman Sori. Termasuk juga soal program kerja ke depan,” ujar Fadly.

Baca Juga:  257 Kasus Diselesaikan Secara Restorative Justice

Namun tak bisa disembunyikan bahwa sejumlah nama sudah beredar dan menghangat untuk memimpin gerbong besar Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minang lima tahun ke depan.

Sebut saja Oesman Sapta Odang, Irman Gusman, dan Mulyadi (mantan Anggota DPR), Marwan Paris, Boy Rafli Amar, Guspardi Gaus, Doni Monardo, Syafrizal Ahyar, hingga Asril Das.

Sebagai panitia OC, Fadly Amran menyatakan lebih berkonsentrasi menyiapkan penyelenggaraan Munas ke-7 bertajuk Ranah Rantau Bersinergi itu.

“Kami ditetapkan melalui rapat DPP Gebu Minang untuk menjadi Ketua Panitia Munas yang diputuskan untuk diadakan di Kota Padang. Jadi, tugas kita hanya pelaksanaan acara,” ujarnya sembari melepas senyum. (hsn)