Raudha Thaib: Ada Rencana Pembentukan Bundo Kanduang Mancanegara

54
Harneli Mahyeldi mengunjungi rumah Ketua Bundo Kanduang Sumbar, Puti Reno Raudhatul Jannah Thaib. (IST)

Harneli Mahyeldi mengunjungi ke rumah Ketua Bundo Kanduang Sumbar, Puti Reno Raudhatul Jannah Thaib. Silaturahim di kediaman Raudha Thaib, Kamis (17/09/2020) pagi, tetap memperhatikan protokol kesehatan, yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan/menggunakan hand sanitizer. Tidak lupa juga sirkulasi udara tetap dijaga.

Dalam kunjungan antara Pembina Bundo Kanduang Kota Padang dengan Ketua Bundo Kanduang Sumbar ini membahas beberapa hal seperti rencana peran Bundo Kanduang menjadi program utama di Sumbar serta peran guru sekolah dalam pengintegrasian ABS SBK dalam pelajaran.

Seperti yang sudah lama dilaksanakan oleh Bundo Kanduang Kota Padang.
Selain ada di Sumatera Barat dan beberapa provinsi di Pulau Sumatera, Lembaga Bundo Kanduang di luar negeri yang sudah resmi, ada di Brunei Darussalam.

“Rencana ke depannya akan dibentuk pula Bundo Kanduang Mancanegara, yang sasarannya untuk menyatukan perempuan Minang di luar negeri yang menikah dengan Muslim negara lain. Sudah banyak yang menyampaikan ke bundo,” ungkap bundo Raudha Thaib.

Ia berpesan agar membangun dan memperkuat fondasi di Ranah Minang sebagai Pusat Lembaga Bundo Kanduang Sumatera Barat. “Perkiraan bulan September 2020 ini, Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat menerbitkan buku pedoman pengalaman ABS SBK. Bundo harap, ini bisa dijadikan pedoman oleh seluruh bundo kanduang di Sumbar,” tuturnya.

Baca Juga:  Gelontorkan Rp 2,6 T untuk Pesantren, Lanyalla Apresiasi Pemerintah

Ia menjelaskan, Bundo Kanduang menjadi harapan besar kita dalam pendidikan, pendampingan dan pengembangan potensi bundo-bundo atau bahasa kekiniannya, kaum “emak-emak” Sumatera Barat. Sebab Ibu memiliki peranan besar baik bagi keluarga sebagai ruang kerja internalnya, maupun untuk bangsa dan negara sebagai kiprah wanita yang cinta dan peduli pada Tanah Airnya. (rel)