Diskusi Padang Ekspres-BEM Unand, Persatuan Pers Mahasiswa Sumbar Digagas

7
BAHAS JURNALISTIK: Pemred Padang Ekspres Revdi Iwan Syahputra, Redaktur Zulkarnaini, Redaktur Senior Pinto Janir beserta jajaran Perwakilan pengurus BEM Unand foto bersama usai diskusi.(YUDI/PADEK)

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Negeri Andalas (Unand) bersama dengan Padang Ekspres wacanakan pembentukan Persatuan Pers Mahasiswa Sumbar.

Wacana itu disampaikan perwakilan BEM Unand saar diskusi dengan jajaran Padang Ekspres di Adinegoro Room Gedung Graha Pena Padang, Senin (18/4).

Pada kesempatan itu Wakil Presiden BEM Unand Adytia Muhammad Farhan mengatakan forum diskusi tersebut digagas oleh Kementerian Kominfo BEM Unand sebagai suatu wadah pemersatu setiap BEM antar kampus di Sumbar.

”Kita akan membentuk kerja sama dengan media-media di Sumbar sekaligus untuk mengadakan  pelatihan jurnalistik bagi para mahasiswa,” ucapnya.

Adytia mengatakan, dengan kerja sama tersebut nantinya setiap lembaga pers kampus-kampus yang ada di Sumbar dapat membentuk sebuah forum diskusi dengan tujuan untuk menanpung setiap aspirasi mahasiswa dan melahirkan pemberitaan yang aktual dan dapat dipercaya.

“Dengan begitu setiap kajian dan isu yang dikaji oleh para mahasiswa dapat disampaikan dengan baik dan benar kepada masyarakat Sumbar sekaligus menjadi wadah untuk mencerdaskan masyarakat dari berita-berita bohong yang bertebaran di Sumbar,”ucapnya.

Wacana tersebut disambut baik oleh Pemimpin Redaksi Padang Ekspres Revdi Iwan Syahputra. Ia mengatakan sudah seharusnya mahasiswa bergerak dalam mencerdaskan bangsa melalui jurnalistik.

Revdi juga mengatakan, sebagai salah satu koran terbesar di Sumbar, Padang Ekspres siap mewujudkan aspirasi mahasiswa melalui Laman Kampus dan menyambut baik wacana pembentukan Persatuan Pers Mahasiswa di Sumbar.

Baca Juga:  Cabut Bai’at, Kapolda Sumbar Apresiasi Seluruh Eks NII yang telah Sadar

”Kapanpun diminta kami siap membantu para mahasiswa termasuk dalam mewadahi pengembangan di bidang jurnalistik, nanti kita akan mengajak seluruh kampus bekerja sama dalam mewujudkan tujuan tersebut,” ucapnya.

Senada, Redaktur Senior Padang Ekspres, Pinto Janir mengatakan, kehadiran para pengurus BEM Unand kali ini menjadi sebuah pembuka bagi pergerakan pers mahasiswa di Sumbar. Ia mengatakan ke depannya Padang Ekspres siap menjadi pembina pers mahasiswa di Sumbar.

Sebelumnya para pengurus BEM Unand melakukan diskusi bersama redaktur Padang Ekspres. Dalam diskusi tersebut membahas tentang jurnalistik serta kredibilitas dan tanggung jawab seorang wartawan demi menjunjung tinggi kebenaran di masyarakat.

Sebelumnya para pengurus BEM Unand melakukan diskusi bersama redaktur Padang Ekspres Zulkarnaini. Dalam diskusi tersebut membahas tentang jurnalistik serta kredibilitas dan tanggung jawab seorang wartawan demi menjunjung tinggi kebenaran di masyarakat.

Dalam diskusi tersebut Zulkarnaini menekankan kepada para pewakilan BEM Unand tentang betapa pentingnya jurnalistik dimasyarakat serta pentingnya mahasiswa harus mengetahui jurnalistik sebagai sebuah wadah untuk menyampaikan aspirasi dengan baik dan benar. (cr1)