Bantu Cegah Covid-19, Presiden: Terima Kasih Ormas Islam

Presiden Jokowi. (Foto: Humas Setkab)

Pemerintah menyampaikan terima kasih kepada seluruh ormas Islam yang telah mendukung dan membantu pemerintah dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19.

“Pemerintah menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya, yang pertama kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI), yang kedua kepada Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), yang ketiga kepada PP Muhammadiyah, dan semua ormas yang lainnya,” ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan pengantar awal pada rapat terbatas, Selasa (19/5/2020).

Pada kesempatan itu, Presiden juga sangat menghormati dan mengapresiasi adanya fatwa dan imbauan yang disampaikan kepada seluruh umat Islam di seluruh Indonesia, terkait dengan peribadatan maupun amaliyah selama wabah Covid-19 ini.

“Termasuk mendukung keputusan pemerintah untuk melarang mudik,” katanya.

Menurutnya, pemerintah juga sangat terbantu dengan berbagai aksi solidaritas dan kepedulian sosial dari ormas-ormas Islam, dan inisiatif yang muncul dari masing-masing umat termasuk pemanfaatan zakat, infak, dan sedekah untuk membantu masyarakat yang terkena dampak Covid.

Mantan Gubernur DKI jakarta itu berharap agar aksi solidaritas dan kesadaran serupa itu dapat terus berlanjut dan meluas sehingga bisa menjadi sebuah gerakan besar dalam meringankan beban masyarakat yang membutuhkan.

Lebih lanjut, presiden menyampaikan bahwa kunci keberhasilan dari pengendalian penyebaran Covid-19 ini adalah kedisiplinan semuanya.

“Kedisiplinan untuk cuci tangan, untuk menjaga jarak yang aman, untuk memakai masker, dan menghindari keramaian atau konsentrasi massa,” tandasnya.

Presiden juga meminta protokol kesehatan betul-betul dipastikan di lapangan terutama menjelang Idul Fitri dan pada saat nanti Idul Fitri.(esg)