Faldo Takana Silek

37
Faldo Maldini

Sempat menghilang di layar televisi, apa saja aktivitas Politikus Muda Nasional, Faldo Maldini selama pandemic Covid-19 ini.

Faldo Maldini tetap aktif di media sosial. Melalui cuitan akun twitter @FaldoMaldini, tokoh muda milenial yang digadang-gadangkan maju sebagai Calon Bupati Pesisir Selatan ini, membahas berbagai khazanah tentang budaya Minangkabau, yakni tentang silek (silat).

“Tradisi Minangkabau memiliki falsafah tentang kehidupan. Kali ini, saya membahas mengenai Silek (silat),” ujar Faldo, melalui cuitan di twitter-nya sambil menuliskan tagar #SumbarKayo pada akhir cuitannya.

Pada cuitan di twitter, Faldo Maldini juga memposting video singkat berdurasi 6 menit 18 detik dari laman Facebook-nya Faldo Maldini II, yang memuat juara pencak silat Asian Games 2018 lalu, saat memeluk Prabowo Subianto yang menjadi Menteri Pertahanan dan Presiden Joko Widodo.

Pada video yang sudah 27 kali dibagikan tersebut, Faldo Maldini juga menjelaskan tentang makna filosofis dari silat dan gerakan beladiri silat.

Status yang ditulisnya pada unggahan video tersebut: Kami ingin pelajaran kepemimpinan dalam Silek yang kaya dengan filosofi ini kembali diajarkan kepada anak muda di Sumatera Barat. Tidak hanya kuat raga, kokoh jiwa, sekaligus memperkuat karajter kepemimpinan. Seandainya, kita harus berperang melawan berbagai ancaman dari luar, anak muda Sumatera Barat jauh lebih siap. #SumbarKayo.

Tidak hanya mengulas tentang silek, Faldo Maldini melalui akun twitter-nya juga mengulas tentang peran wali nagari di nagari di Provinsi Sumbar.

“Kami bersama Wali Nagari, ujung tombak pembangunan Sumatera Barat,” cuitan Faldo Maldini yang dilengkapi dengan postingan berita salah satu media sosial, yang berjudul Ingin Penghasilan Walinagari Naik, Faldo: Jangan Kalah Sama Manager Bank Swasta.

Pada akun twitter-nya, Faldo juga mencuit tentang kandungan Ayat Alquran, “Allah menghapuskan apa yang Dia kehendaki dan menetapkan (apa yang Dia kehendaki) dan di-sisi-Nya-lah terdapat Ummul-Kitab (Lauh mahfuz),” Ar Ra’d, 13:39.

Cuitan tersebut juga dilengkapi dengan postingan video singkat perjalanan hidup Faldo Maldini sebagai putra Kabupaten Pesisir Selatan. (hsn)