RSUP M Djamil Bergerak Mendorong Transformasi Lingkungan

61

Memperingati Hari Lingkungan Hidup sedunia RSUP M Djamil Padang komit bangun lingkungan sehat bebas plastik, dengan menggunakan tumbler serta melakukan penanaman pohon hijau di lingkungan rumah sakit.

Direktur SDM, Pendidikan dan Umum RSUP M Djamil, Dr. dr Dovy Djanas SpOG, KFM menuturkan dalam memperingati hari lingkungan hidup sedunia bertema ‘Only One Earth’ dengan mengavokasi perubahan transformasi lingkungan secara global.

“Perayaan ini mampu membuka mata kita bahwa dengan menjaga lingkungan merupakan kewajiban kita, kegiatan ini juga merupakan momentum untuk meningkatkan kepedulian dalam memperbaiki kondisi alam saat ini,” ujarnya, Minggu (19/6).

Menurutnya, lingkungan yang kumuh akan menjadi sumber penyakit bagi masyarakat, ini merupakan salah satu faktor yang menjadi pendorong untuk membuat lingkungan sehat dan nyaman.

“Untuk anggaran yang dikeluarkan dalam hal ini sesuai dengan kapasitas bagaimana M Djamil menjadi ramah lingkungan, dan juga nanti kita akan membuka ruangan hijau yang kita siapkan dengan masterplan ramah lingkungan,” ucapnya.

Kemudian, ia meminta setiap kita mengubah gaya hidup dari hal yang kecil-kecil, seperti mulai memakai tumbler, membudayakan tidak memakai kantong plastik.

“Hal ini harus kita contohkan dalam bentuk perilaku dan tindakan. Seperti nanti ketika ada rapat kita akan menyediakan air minum dan peserta menggunakan tumbler,” katanya.

Baca Juga:  SPSI Serbu Gedung DPRD Sumbar, Tuntut Cabut UU Omnibuslaw Cipta Kerja

Selanjutnya, Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy menyampaikan Sumbar berkomitmen melakukan kegiatan seperti pembagian tempat sampah untuk mobil angkutan, mobil pribadi, mobil umum, dan penggunaan tumbler.

Menurut Wagub, RS M Djamil Padang telah melakukan transformasi lingkungan dengan baik. Hal tersebut tampak dari tampilan fisik lingkungan rumah sakit sudah banyak taman, tanaman, ikan-ikan cupang dengan tanamannya.

“Tadi pembagian tumbler juga di support oleh Semen Padang dan juga PT Tirta Utama Abadi (Aqua),” sebutnya.

Wakil gubernur juga menuturkan di luar Sumbar sudah menerapkan dimana setiap berbelanja untuk tidak menyediakan kantong plastik lagi, namun Sumbar diakuinya, belum menerapkannya.

“Tentunya kita berharap nantinya Sumbar juga akan menerapkan hal yang sama, sehingga hal ini dapat mempercepat pergerakan mengurangi sampah plastik yang melimpah di mana-mana,” ucapnya.

Dalam hal ini Wakil Gubernur sangat mendukung penuh komitmen dari RSUP M Djamil yang juga sejalan dengan harapan perubahan Sumbar untuk menjadi provinsi yang bebas sampah plastik. (cr4)