Periksa 718 Sampel Swab, Sumbar Terbanyak setelah Balitbangkes

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal. (Foto: IST)

Dalam penanganan Covid-19, Provinsi Sumbar hari ini diklaim sebagai daerah dengan jumlah pemeriksaan sampel swab terbanyak kedua setelah Balitbangkes Kemenkes RI.

Sampel lendir yang diambil dari hidung dan tenggorokan itu, diperiksa dengan metode PCR di laboratorium untuk mendeteksi apakah terinfeksi virus korona atau tidak.

Berdasarkan laporan yang diterima Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar dari Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran serta Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Bukittinggi, sejak kemarin hingga subuh tadi saja berhasil diperiksa 718 sampel.

“Sejak kemarin sampai subuh dini hari tadi, telah 718 sampel swab diperiksa. Hal ini merupakan prestasi luar biasa, karena dengan sampel sebanyak itu, kita telah menjadi pemeriksa sampel nomor dua terbanyak di Indonesia, di bawah Balitbang Kemenkes RI,” ujar Jubir Penanganan Covid-19 Sumbar Jasman Rizal, Rabu (20/5/2020).

Menurut Jasman, berdasarkan laporan Andani Eka Putra sebagai penanggung jawab laboratorium tersebut, dari 718 sampel swab warga yang diperiksa, sebanyak sembilan orang terkonfirmasi positif terinfeksi Covid-19.

“Sembilan orang yang terpapar Covid-19 itu sebanyak enam orang dari Kota Padang, dua dari Kota Padangpanjang dan satu orang dari Kepulauan Mentawai,” kata Jasman.

Dengan adanya pertambahan tersebut, maka total pasien positif Covid-19 di Sumbar hingga pagi ini mencapai 429 orang. “Untuk informasi lengkapnya, nanti sore kami publish,” imbuh kepala biro Humas Setprov Sumbar itu. (esg)