Pengaduan Gangguan dengan PLN Mobile, Pelanggan Dapat Lacak Petugas

15

PLN selalu berusaha memberikan layanan terbaik sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Era digitalitasi yang semakin berkembang membuat layanan pengaduan yang cepat dan real time pun menjadi kebutuhan penting. PLN menjawab hal tersebut lewat aplikasi layanan pelanggan PLN Mobile. Aplikasi ini diupayakan memberikan layanan pengaduan juga semua kebutuhan layanan kelistrikan lainnya yang lebih baik.

Fitur pengaduan gangguan pada Aplikasi PLN Mobile versi terbaru telah dirancang terintegrasi dengan baik ke aplikasi pendukung di outage management yaitu; Yantek Mobile, APKT dan AP2T. Dimana outage management merupakan transformasi PLN untuk pengaduan gangguan dan notifikasi secara real time.

Integrasi antara PLN Mobile dengan outage management membuat masyarakat dapat membuat laporan langsung mengenai pemadaman listrik di rumahnya maupun gangguan listrik di sekitarnya hanya dengan klik dan ketik di PLN Mobile. Laporan tersebut akan langsung sampai kepada petugas Pelayanan Teknik (Yantek) dan pelanggan dapat memantau progres pengaduan.

Seperti disampaikan Senior Manager Distribusi PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar Arif Pramudya, ‘’Aplikasi PLN Mobile berisi fitur pengaduan untuk pengaduan gangguan yang lebih lengkap dan rinci. Jadi pelanggan tinggal melengkapi form pengaduan sesuai dengan permasalahan kelistrikan yang dialami. Dengan menyampaikan permasalahan yang detil maka petugas akan dapat mengambil langkah cepat dan tepat sasaran,” jelasnya.

Berikut merupakan detail cara mengirimkan pengaduan gangguan melalui PLN Mobile;
1. Pilih Menu Pengaduan,
2. Pilih 1 dari 3 jenis gangguan,
3. Jenis gangguan dapat diubah sebelum memilih ID Pelanggan/No. Meter, lalu pilih ID Pelanggan/No Meter, atau masukkan ID Pelanggan/No Meter lain,
4. Konfirmasi tangging koordinat lokasi gangguan,
5. Lampirkan foto kejadian (bila ada) dan input deskripsi laporan, pilih Kirim Pengaduan,
6. Akan muncul notifikasi, Nomor Laporan Gxxx dan pengaduan berhasil dikirim.

Baca Juga:  Sengketa Informasi IMB & KRK, KI Nyatakan Bukan Informasi Dikecualikan

Menariknya, setelah mengirimkan laporan gangguan melalui PLN Mobile, selanjutnya pelanggan dapat melacak petugas sesuai nomor laporan gangguan. Berikut cara memantau progres berikut;
1. Klik fitur pengaduan,
2. Perhatikan di bawahnya akan ada daftar pengaduan terakhir yang diadukan,
3. Klik kode pengaduan yang sebelumnya telah didapatkan,
4. Setelah itu akan ada detail pengaduan,
5. Silahkan cek sampai dimana pengaduannya.

Selanjutnya, pelanggan tinggal melacak status penanganan gangguan yang dilakukan oleh petugas PLN terhadap laporan, mulai dari waktu laporan diterima, status petugas menuju lokasi gangguan, status pekerjaan penanganan gangguan oleh petugas hingga status permasalahan pelanggan selesai diatasi.

Arif berharap, semakin banyak masyarakat yang terbantu dengan layanan pengaduan gangguan di Aplikasi PLN Mobile ini. ‘’Kami berusaha untuk terus memberikan layanan yang terbaik. Melayani setiap pengaduan gangguan maupun pengaduan keluhan dengan cepat dan tepat adalah tujuan kami. Semoga pengaduan dengan PLN Mobile dapat menjadi budaya baru yang menjawab kebutuhan zaman. Pelanggan puas dan PLN melayani lebih baik,’’ harapnya.

Dengan PLN Mobile, pelanggan juga akan mendapatkan notifikasi info pemadaman terencana atau pemadaman pemeliharaan sesuai lokasi ID Pelanggan yang diinput di akunnya masing-masing. “Notifikasi ini perpanjangan tangan kami untuk berkomunikasi dengan pelanggan,” sebut Arif.

Arif lantas menghimbau agar pelanggan yang belum meng-install PLN Mobile dapat segera meng-install secara gratis melalui PlayStore atau AppStore untuk mendapatkan informasi dan layanan kelistrikan.(*)