Lancarkan Mudik 2023, Andre Rosiade: Jasa Marga Siapkan Berbagai Skenario

16

Anggota Komisi VI DPR RI yang membidangi BUMN Andre Rosiade mengapresiasi langkah PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang tengah melakukan berbagai persiapan dalam menghadapi arus mudik Lebaran Idul Fitri tahun 2023.

Kementerian Perhubungan memprediksi jumlah orang yang akan mudik lebaran tahun ini naik signifikan dibanding mudik tahun lalu. Karenanya, kata Andre, butuh persiapan yang matang untuk memastikan arus mudik berjalan lancar, aman dan nyaman.

“Kami mendengar jumlah pemudik tahun ini diproyeksi akan mengalami kenaikan hingga 6,7% dari tahun lalu dan 143% dari normal. Mengingat ini adalah tahun pertama mudik setelah pandemi dan dicabutnya status PPKM oleh pemerintah. Saya selaku anggota Komisi VI mengapresiasi Pak Dirut Jasa Marga Subakti Syukur beserta jajaran yang tengah melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi momen mudik lebaran tahun ini,” kata Andre Senin (20/3/2023).

Andre mengatakan, berbagai skenario untuk menjamin kelancaran para pemudik telah disiapkan PT Jasa Marga. Mulai dari pembatasan kendaraan berat, pengaturan lajur contraflow, penerapaan one way dan ganjil genap, hingga menyiapkan rest area dengan kapasitas lebih besar dan fasilitas lebih lengkap.

Bahkan perusahaan negara yang mengelola mayoritas jalan tol di Indonesia itu juga telah menyiapkan aplikasi bernama Travoy (Travel with Comfort and Joy) yang menyajikan data real time terkait informasi jalan tol dan fitur darurat untuk kebutuhan pengguna jalan.

Baca Juga:  Santri SD Al Huffaz Pelajari Sistem Parlemen

‚ÄúDengan aplikasi ini para pemudik bisa mengecek real time CCTV, real time di rest area, skenario apa yang diterapkan di jalan. Jasa Marga juga telah menyiapkan fasilitas yang diperbarui yaitu dengan adanya pelebaran-pelebaran di Cikampek dan juga pintu-pintu jalur-jalur alternatif yang sudah disiapkan. Sehingga diharapkan tidak ada lagi penumpukan kendaraan di jalan tol,” kata Ketua DPD Partai Gerindra Sumatra Barat ini.

Andre pun mendorong PT Jasa Marga terus berkoordinasi pihak-pihak terkait seperti Kementerian Perhubungan, Korps Lalu Lintas Polri serta stakeholders lainnya untuk menjamin kelancaran mudik lebaran tahun ini.

“Pak Dirut Jasa Marga Subakti Syukur beserta jajaran direksi telah bekerja keras memaksimalkan pelayanannya dalam mengantisipasi peningkatan volume lalu lintas selama mudik Lebaran tahun lalu. Kami berharap pelayanan Jasa Marga dengan berkoordinasi dengan berbagai stakeholder terus ditingkatkan demi kenyamanan masyarakat pengguna layanan jalan tol di masa mendatang,” kata Andre. (*)