Rata-rata Pernah Keluar Sumbar, 43 Orang Positif Covid-19 

ilustrasi. (net)

Lagi, warga Sumbar yang positif terpapar virus korona (Covid-19) bertambah. Sebanyak 43 orang dinyatakan positif berdasarkan hasil pemeriksaan sampel spesimen yang diterima Pemerintah Provinsi Sumbar dari Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand, Padang dan Laboratorium Veteriner Baso, Agam, Jumat (21/08/2020).

“Berdasarkan data yang ada, hampir semua yang terkonfirmasi positif mempunyai riwayat datang dari luar Sumbar,” ungkap Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar, Jasman Rizal, Jumat (21/08/2020) pagi.

Ia mengingatkan agar masyarakat yang baru saja pulang dari luar daerah, melakukan tes swab gratis yang telah disediakan Pemprov Sumbar di berbagai fasilitas kesehatan termasuk bandara.

Bahkan kata Kepala Dinas Kominfo Sumbar ini, Gubernur kembali membuat surat No. 360/194/Covid-19-SBR/VIII-2020 tanggal 19 Agustus 2020 tentang Himbauan Penegakan Protokol Kesehatan kepada Bupati dan Walikota untuk dapat secara tegas di masing-masing daerahnya.

Menurutnya, apapun yang pemerintah lakukan, tanpa adanya dukungan masyarakat untuk mematuhinya, yakinlah bahwa pandemi ini tidak akan berakhir.  Untuk itu dia berharap kesadaran maasyarakat mematuhi semua protokol kesehatan yang telah disampaikan.

Baca Juga:  Lepas Jabatan Ketua LPTQ, Nasrul Abit Ingin MTQ Nasional Tetap Sukses

“Mari kita perangi bersama-sama pandemi Covid-19 ini sesuai dengan potensi dan kekuatan kita masing-masing, dengan tetap berpikir positif demi masyarakat kita semua,” ajaknya.

Jasman menjelaskan sampel  yang diperiksa sebanyak 2.003 sampel terdiri dari 1.831 spesimen diperiksa di Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand dan sisanya 172 spesimen diperiksa di Laboratorium Veteriner Basi Agam.

Dari pemeriksaan itu ditemukan 43 sampel terkonfirmasi positif dengan rincian Padang 23 orang, Bukittinggi 5 orang, Agam  3 orang, Padangpariaman 1 orang, Tanahdatar 4 orang, Pariaman 1 orang, dan Payakumbuh 6 orang. (rel/bis)