Perbaiki Ekonomi, Mulyadi Jajaki Potensi Kelautan Sumbar

37

Bakal Calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mulyadi berupaya untuk menyentuh berbagai sektor supaya ekonomi masyarakat makin membaik. Salah satu yang dilirik ialah potensi kelautan yang dimiliki Sumbar sepanjang garis pantai dari Pasaman Barat hingga Pesisir Selatan.

Mulyadi melihat sektor perikanan bisa dikembangkan dan dimanfaatkan untuk memperbaiki kondisi ekonomi terutama bagi masyarakat yang menggantungkan hidup dari melaut.

“Sektor kelautan nyaris belum kita eksplor. Sebetulnya kita punya potensi tapi belum kita eksplor. Padahal potensi tersebut luar biasa,” kata Mulyadi yang di Pilgub Sumbar berpasangan dengan Ali Mukhni.

“Apabila bisa dikelola dengan baik tentu akan menghasilkan dampak positif ke banyak orang,” imbuhnya.

Ketua DPD Demokrat Sumbar ini menyebut pemerintah harus bergerak memaksimalkan hal tersebut. Dia ingin anugerah alam yang luar biasa bisa dirasakan seluruh masyarakat Sumbar.

Dia menerangkan, pemimpin harus tahu potensi daerahnya sendiri. Tanpa hal itu, mustahil akan melahirkan kebijakan yang tepat.

“Yang terpenting ialah harus bisa berpikir inovatif dalam mengelola sektor perikanan. Terlebih persaingan daerah semakin ketat,” jelasnya.

Baca Juga:  Perkuat Peran Niniak Mamak, Mulyadi Fasilitasi Balai Adat di Nagari 

Menurutnya, pemerintah harus berlomba-lomba agar potensi daerahnya bisa menghasilkan kesejahteraan masyarakat. Dia menekankan, hal tersebut  harus dilakukan oleh pemimpin Sumbar ke depan.

“Seorang pemimpin, pertama dia mampu menggerakkan semua potensi di daerahnya, dia harus mampu menjadi seorang leader. Kalau leader itu dia harus bisa menstimulasi, mengajak orang untuk berbuat sesuatu sesuai dengan tujuannya,” jelas Mulyadi. (idr)