PLN Mobile Goes to School

23

PLN Mobile merupakan layanan digital dari PLN sebagai upaya memudahkan pelanggan dalam mengakses informasi dan mendapatkan pelayanan dari PLN. Sejak awal diluncurkan, PLN Mobile melakukan beberapa kali pembaharuan, dimana pengguna dapat menikmati versi terbarunya dengan mengupdate aplikasi PLN Mobile pada playstore atau ios perangkat masing-masing.

Terbaru, PLN mengupdate Fitur “Kelistrikan”, jika sebelumnya fitur tersebut berisi data pelanggan, kini Fitur “Kelistrikan” juga dapat memperkirakan sisa hari pemakaian token listrik pelanggan prabayar berdasarkan histori pemakaian.

PLN juga menawarkan kemudahan pembayaran tagihan listrik dengan PLN Mobile untuk mempermudah gerak dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Layanan ini bebas biaya admin dengan pembayaran tagihan listrik tersambung langsung ke virtual account Mandiri, BRI, BNI, serta Cashback LinkAja.

Hal lain yang tak kalah penting yakni Fitur “Notifikasi” dimana melalui fitur ini pelanggan akan mendapatkan informasi otomatis sesuai id pelanggan yang terinput di PLN Mobile-nya tentang informasi pemadaman terencana saat proses pemeliharaan sedang dilakukan. Sehingga masyarakat bisa mengantisipasi mana kala pelayanan di wilayahnya dihentikan untuk sementara waktu.

Berbagai upaya dilakukan PLN untuk menyebarluaskan informasi tentang PLN. Baik itu publikasi iklan media cetak, media televisi, media sosial, maupun sosialisasi ke instansi-instansi pemerintahan. Belakangan, PLN tersebar di Provinsi Sumatera Barat pun mensosialisasikan PLN Mobile ke instansi pendidikan, yaitu ke sekolah-sekolah menengah atas.

Pada September ini contohnya, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Solok melakukan sosialisasi PLN Mobile melalui Program PLN Mengajar di (SMK) Negeri 1 Sungai Rumbai. Sementara UP3 Bukittinggi baru saja melakukan sosialisasi PLN Mobile melalui kegiatan edukasi di MAN 1 dan MAN 2 Bukittinggi.

Baca Juga:  Laporkan Gangguan Kelistrikan Lewat PLN Mobile. Berikut Ini Caranya...

PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bukittinggi adakan “PLN Mobile Goes to School” kepada siswa siswi serta tim pengajar MAN 1 dan MAN 2 Bukittinggi pada Kamis dan Jumat (09-10/09) lalu. Hadir dalam kegiatan yang diadakan di Aula MAN 1 Bukittinggi tersebut Manajer Bagian Niaga dan Kasman UP3 Bukittinggi Kasman, Penanggung Jawab Pelaksana K3 dan Keamanan PLN UP3 Bukittinggi Jondri Yoza, dan jajaran manajemen lainnya.

Syaiful Azhari Siregar, Manager UP3 Bukittinggi menyampaikan, siswa siswa sekolah menengah atas merupakan target potensial untuk diperkenalkan dengan PLN Mobile. ‘’Mereka adalah generasi milenial, akrab dengan digital, sering menggunakan gadget dalam kegiatannya sehari-hari. Pilihan tepat mengedukasi tentang PLN Mobile kepada siswa-siswi ini karena mereka bisa menjadi pengguna aktif di rumahnya masing-masing untuk menggunakan PLN Mobile pada kebutuhan-kebutuhan layanan PLN,’’ lanjut Syaiful, Selasa (21/09).

Disebut Syaiful, dengan mengupdate PLN Mobile, pelanggan dapat memanfaatkan seluruh fitur dengan maksimal. ‘’Kami ingin mengupayakan informasi tentang PLN Mobile dapat sampai ke seluruh pelanggan tanpa terkecuali,’’ ungkapnya.

Untuk itu Syaiful percaya, generasi milenial sebagai penyebar informasi yang ulung dan juga kreatif dapat membantu PLN menyebarkan informasi tersebut. ‘’Semoga kegiatan dari PLN ini memberi tambahan pengetahuan. Sehingga teman-teman juga bisa melanjutkan informasi ke lingkungan tentang materi yang didapat, khususnya tentang PLN Mobile,’’ lanjutnya.

Syaiful lantas menghimbau agar masyarakat yang belum menggunakan PLN Mobile segera mengunduh aplikasi tersebut karena banyak kemudahan yang diperoleh pelanggan di dalam satu aplikasi tersebut. ‘’Mari nikmati kemudahan layanan PLN. Ini persembahkan kami untuk pelanggan,’’ ungkapnya.(*)