Disebut Berpengawal Banyak, Wagub Audy Joinaldy Keluarkan Klarifikasi

838

Terkait pemberitaan tentang banyaknya tim pengamanan Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy dan sempat menghebohkan jagat maya Sumbar Kamis (22/4), Wagub Audy langsung mengeluarkan klarifikasinya menyikapi pewartaan tersebut.

“Pertama sekali Saya jelaskan, proses pengawalan melekat telah dimulai dari masa kampanye Pilkada kemarin. Setelah pasangan ditetapkan, Kami (gubernur dan wagub terpilih.red) sowan ke komandan masing-masing yaitu Danrem, Danlantamal, Danlanud dan Polda. Dari kunjungan itu, Kita ditawarkan pengawalan lanjutan oleh keempat institusi tersebut,” sebut Audy.

Pengawalan ini, ucapnya, sebagai bentuk harmonisasi antara Pemprov Sumbar dengan TNI Polri. Dengan adanya koneksi ini, hubungan Pemprov Sumbar dan TNI lebih terjaga.

“Kita komitmen menjaga keselarasan Pemprov dengan Forkopimda, termasuk TNI Polri. Dengan pengawalan diharapkan sinkronisasi yang selama ini kurang berjalan dapat maksimal,” ujar Wagub Audy.

Dia menyebutkan, prosedur pengawalan juga telah dilaporkan ke Gubernur Mahyeldi.

“Gubernur tahu tentang hal ini. Saya telah berkoordinasi sebelumnya. Buya pun sebenarnya juga ditawarkan, hanya beliau menugaskan Saya menggunakannya,” ucap pemilik enam gelar akademik itu.

Baca Juga:  Bengkel Tetap Buka, Astra Daihatsu Beri Layanan Prima

Audy menjelaskan, pengawalan bukan bermaksud arogansi atau gagah-gagahan. Karenanya, wagub meminta situasi ini jangan dibesar-besarkan apalagi dipolitisir.

Di samping itu, tidak semua pengawal ikut kemana dirinya pergi. Jadwal pengawalan menggunakan sistem shift dan bergantian.

“Tak usah dibesar-besarkan. Lagian pengawalan bukan Saya yang menentukan. Mereka dipilih pimpinan masing-masing. Bagi yang tak suka, Saya tetap hargai, karena semua bebas berpendapat,” pungkas pria murah senyum tersebut. (*)

Previous articleNekat Curi HP, Pria Ini Harus Berurusan dengan Polisi
Next articleSandiaga Uno dan Andre Rosiade Kunjungi Geopark Silokek Sijunjung