Ferizal-Nurkhalis dan Agus-Romi Lolos, Calon Perseorangan Pilkada

132
ilustrasi. (net)

Empat pasangan calon perseorangan dipastikan meramaikan perhelatan pilkada serentak di Sumbar pada 9 Desember mendatang. Menyusul lolosnya pasangan bakal calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota dari jalur perseorangan Ferizal Ridwan-Nurkhalis (FN), serta Agus Susanto dan Romi Candra di Pasaman Barat (Pasbar).

Keduanya mengikuti jejak pasangan balon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias-Syahrizal Datuak Palang Gagah dan pasangan balon Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung Endre Saifoel-Nasrul. Kedua pasangan balon perseorangan ini sudah terlebih dahulu lolos.

”Pasangan perseorangan Ferizal Ridwan-Nurkhalis sudah bisa mendaftarkan diri untuk pencalonan bupati dan wakil bupati pada 4 hingga 6 September 2020. Pasangan ini sudah melebihi syarat minimum dukungan yang dimiliki,” kata Ketua KPU Limapuluh Kota Masnijon kepada wartawan usai rapat pleno terbuka rekapituasi hasil verifikasi dukungan perbaikan bapaslon persorangan, Jumat (21/8).

Rapat tersebut dihadiri empat komisioner KPU Limapuluh Kota lainnya, yakni Amfreizer, Eka Ledyana, Rina Fitri dan Arwantri. Selain mereka, juga hadir Ketua Bawaslu Limapuluh Kota Yoriza Asra, bersama dua anggotanya, yakni Ismet Aljannata dan Zumaira. Kemudian, juga hadir pasangan Ferizal Ridwan-Nurkhalis.

Menurut Masnojon, total dukungan memenuhi syarat yang diperoleh pasangan Ferizal Ridwan-Nurkhalis adalah sebanyak 23.430 dukungan yang tersebar di 13 kecamatan. Sedangkan, syarat dukungan minimal yang harus dimiliki yakni 22.539 dukungan.

’Dukungan Ferizal Ridwan-Nurkhalis sudah melebihi sebanyak 831 dukungan,” ujarnya.
Dengan demikian, pasangan wakil bupati incumbent dan Ketua Gerakan Pemuda Tani Indonesia (Gempita) Sumbar ini, bisa melakukan pendaftaran pada 4 sampai 6 September mendatang, bersamaan dengan pasangan yang diusung partai politik. “Pendaftaran bupati dan wakil bupati hanya 3 hari. Yakni pada 4 sampai 6 September 2020,’ ujar Masnijon.

Sekadar diketahui, saat proses penyerahan dukungan tahap pertama, pasangan Ferizal Ridwan-Nurkhalis menyerahkan 30.001 dukungan kepada KPU. Setelah dilakukan verifikasi oleh KPU, ternyata dukungan pasangan tersebut yang memenuhi syarat hanya sebanyak 16.400 atau masih kurang dari syarat minimum.

Kemudian, pada tahap perbaikan syarat dukungan, pasangan Ferizal Ridwan-Nurkhalis menyerahkan kembali sebanyak 19.200 dukungan. KPU pun melakukan verifikasi faktual, terdapat 7.030 dukungan yang memenuhi syarat. Ketika dilakukan pleno dan jumlah dukungan yang memenuhi syarat direkapitulasi, pasangan Ferizal Ridwan-Nurkhalis berhasil meraup sebanyak 23.430 dukungan.

Baca Juga:  Andre Rosiade: Pemerintah Harus Keluarkan Aturan Pengendalian Pertalite

Kepada anggota Balai Wartawan Luak Limopuluah yang mewawancarainya di kantor KPU tadi malam, pasangan Ferizal Ridwan-Nurkhalis tidak banyak berkomentar. “Alhamdulillah,” kata Ferizal Ridwan yang sebelumnya tercatat sebagai Ketua PKB Limapuluh Kota, tapi memilih maju lewat jalur perseorangan.

Lewati Batas Dukungan Minimum
Pasangan Balon Bupati dan Wakil Bupati Pasbar Agus Susanto dan Romi Candra juga berhasil melewati batas minimum dukungan. Berdasarkan pleno terbuka dukungan perbaikan, kemarin (21/8), Agus Susanto dan Romi Candra mendapat total dukungan 24.434 sedangkan syarat dukungan minimal 21.312 orang.

Angka tersebut ditetapkan KPU Pasbar usai rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil verifikasi faktual perbaikan syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan pemilihan bupati dan wakil bupati Pasbar, di Hotel Gucci, Pasbar. “Setelah rapat pleno, pasangan bakal calon Agus Susanto-Romi dinyatakan memenuhi syarat dukungan bacalon perseorangan,” ujar Ketua KPU Pasbar, Alharis.

Dikatakan, bacalon perseorangan ini bisa mendaftarkan diri sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat pada 4-6 September 2020 seiring dengan calon dari jalur dukungan partai politik lainnya.

Sebelum penetapan dan pleno ini, KPU Pasbar bersama tim melakukan verifikasi administrasi dan faktual di lapangan. Dukungan untuk bacalon Agus Susanto dan Romi Candra tersebar di 11 kecamatan se-Pasbar.

Sementara itu, Pasangan Balon Perseorangan Bupati Pasbar Agus Susanto didampingi Romy Candra mengaku bersyukur tahap demi tahap sudah dilalui. Mulai, verifikasi administrasi hingga verifikasi faktual.

Dia mengaku, bangga dan terharu bisa lolos di tahap verifikasi faktual rekapitulasi perbaikan syarat bakal paslon pemilihan bupati dan wakil bupati Pasbar. “Terima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan dukungan dan ucapan terima kasih juga kepada para relawan, tim, LO yang telah bekerja sama selama ini,” kata Agus. (frv/roy)