Agar Malam Lebaran Tetap Semarak, Kota Padang Gelar Takbiran Virtual

Umat muslim merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah, pada Minggu (24/5/2020). Biasanya, pada malam Lebaran selalu digelar takbiran, baik di masjid-masjid maupun keliling kota.

Namun, di masa pandemi virus korona (Covid-19) saat ini Pemerintah Kota Padang mengimbau warga untuk tidak takbiran keliling seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Di tengah pandemi ini kurang bijak rasanya kita takbiran keliling.  Karena itu kami mengajak seluruh warga untuk melaksanakan takbir di masjid maupun mushalla serta di rumah saja,” kata Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah, Jumat (22/5/2020).

Agar suasana Lebaran tetap terasa semaraknya di masa pandemi Covid-19 ini, Mahyeldi mengatakan, Pemko akan menggelar takbiran secara virtual. Takbiran melalui aplikasi ini dilakukan di Rumah Dinas Wali Kota Padang, Sabtu (23/5/2020).

“Kita akan laksanakan takbir virtual besok (Sabtu),” jelas Mahyeldi.

Direncanakan takbiran virtual ini diadakan setelah berbuka puasa terakhir. Rencananya diikuti wali kota,  wakil wali kota, serta sekko.

“Takbiran secara virtual akan diikuti seribu orang lebih,” terang Mahyeldi.

Menurutnya,  takbiran virtual ini akan disiarkan secara langsung ke masjid dan mushalla di Padang. Termasuk ke warga Padang.

Digelarnya takbiran virtual ini agar tidak terjadi penyebaran Covid-19. Artinya warga kota bisa ikut takbiran dari rumah, masjid dan mushalla tanpa berkerumun di rumah rumah. “Kita berharap kegiatan ini memberi kebaikan bagi seluruh warga Padang,” ujarnya dalam keterangannya yang disampaikan Diskominfo Padang. (rel)