Mahasiswa Baru Poltekes Siteba Dibekali Orientasi jadi Generasi Hebat

320

Satu-satunya perguruan tinggi kesehatan yang memiliki program studi (prodi) Teknik Elektromedik di Sumatera Barat saat ini sedang gencar melahirkan mahasiswa hebat. Yakni Poltekes Siteba Padang.

Inilah salah satu tujuan dari pembekalan kampus saat dilakukannya kegiatan PKKMB 2022 yang langsung disampaikan Direktur Poltekes Siteba Ija Darmana.

Dalam mewujudkan cita-citanya, Poltekes Siteba terus melakukan perubahan ke arah lebih baik. Hal ini tersampaikan langsung pada tiga hari Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) yang baru saja dilakukan pada 12-14 September lalu.

Direktur Poltekes Siteba Ija Darmana menyampaikan bahwa kegiatan PKKMB yang berlangsung selama tiga hari bertujuan untuk mempersiapkan generasi bangsa yang lebih baik sekaligus melek teknologi.

“PPKMB kali ini banyak yang kegiatan dilakulan, hari pertama pembekalan, hari kedua seminar dan hari ketiga ditutup dengan kemah bersama mahasiswa, dosen, alumni serta seluruh karyawan Poltekes Siteba,” jelas Ija.

Dalam kegiatan PKKMB tersebut, ditambahkannya bahwa hari kedua dilaksanakannya seminar sehari yang dimulai pukul 09.00 hingga 15.00 dengan tema “Mahasiswa Hebat menjadi Generasi Muda Andalan Peradaban Bangsa”. Banyak hal baik yang bisa dipetik. Apalagi pembicaranya adalah ahli dari berbagai bidang.

Seminar sehari mengundang Kepala Dinas Kesehatan Sumbar Lila Yanwar untuk memberikan pembekalan bagaimana tenaga kesehatan menghadapi dunia digital saat ini.

Selain itu juga diberi pembekalan seberapa bahayanya narkoba yang diisi Kasubdit 3 Ditresnarkoba Polda Sumbar Kompol Lismanowati untuk mempersiapkan generasi bangsa bebas narkoba, sehat fisik, mental, emosional dan sosial.

“Kegiatan ini baru kita lakukan. Bukan sekadar memberi pembekalan ataupun ilmu, tapi juga menjadi penunjang untuk mahasiswa baru, mahasiswa aktif dan calon wisudawan nantinya sebagai pendamping ijazah mereka,” lanjut Ija.

Di sesi ketiga seminar sehari, dihadirkan juga perwakilan dari Yonif 133 Yudha Sakti Kapten Putut Dani Cipan memberikan pembekalan kedisiplinan untuk menghasilkan generasi hebat.

Baca Juga:  346 Pertashop di Sumbar Turun Omzet, Pertamina Gandeng Pupuk Indonesia-BRI

Beberapa kegiatan lain juga disampaikan Ketua Pelaksana PKKMB Agus Rahmad Timor. Di hari pertama saat pembukaan juga tak kalah penting bagi mahasiswa baru Poltekes Siteba. Pasalnya, di sini dijelaskan struktur organisasi kampus, tempat di mana mahasiswa baru akan menimba ilmu.

Dijelaskan pula mengenai sistem kehidupan di kampus yang materinya sudah diatur dalam aturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

“Kehidupan saat menjadi pelajar di SMA dan mahasiswa tentu berbeda. Di sini kita lakukan pembekalan masa transisi ini,” ucap Agus.

Lebih lanjut di hari ketiga, dilakukan kegiatan kemah di daerah Lubukminturun Padang. “Banyak kegiatan yang seharusnya dilakukan untuk menumbuhkan kebersamaan. Karena terkendala hujan, jadi hanya beberapa kegiatan yang bisa dilakukan, salah satunya turut membersihkan satu mushalla di daerah tersebut,” lanjut dia.

Sekretaris Pelaksana PKKMB Nurhayati turut menjelaskan bahwa kegiatan kali ini membawa suasana berbeda dan lebih fresh karena dilakukan beragam kegiatan. Bahkan di dalam kegiatan tersebut juga diberikan beberapa reward oleh narasumber untuk membangkitkan semangat para mahasiswa.

Perkembangan yang dilakukan Poltekes Siteba tak main-main. Kampus ini pemilik prodi Teknik Elektromedik satu-satunya di Sumbar. Kini prodi tersebut proses pengembangan dari D3 ke D4. Mahasiswa baru tahun ini, tercatat juga mengalami kenaikan meskipun tak signifikan.

“Selain itu, dari 44 mahasiswa yang yudisium Oktober ini, 61,36 persen lulus dengan pujian,” kata Nurhayati.

Poltekes Siteba hingga saat ini terus berusaha menjadikan mahasiswa didiknya menjadi yang terbaik. Terbukti, masih dalam masa pendidikan saja sudah ada yang diterima bekerja. Para alumni juga ada yang diundang bekerja ke luar kota, bahkan ke Jepang.(cr)