Di Stadion Agus Salim, Mahyeldi-Audy Ekspose Ekonomi Sumbar Tumbuh Positif

142

Pemerintahan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar Mahyeldi-Audy Joinaldy tepat satu tahun, Jumat (25/2/2022). Memperingati itu, Pemprov Sumbar menggelar pertandingan sepakbola bersama wartawan, shalat Maghrib berjamaah, makam malam bersama dan ekspose capaian pemerintahan di dalam Stadion H Agus Salim, Padang, Kamis (24/2/2022) malam.

Dalam eksposenya, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy mengungkapkan pertumbuhan ekonomi Sumbar naik positif menjadi 3,29 persen dari sebelumnya minus 1,60 akibat diterpa pandemi Covid-19. Tahun 2022 diprediksi meningkat jadi 3,40 persen.

Dijelaskan Audy bahwa pertumbuhan terjadi pada seluruh lapangan usaha. Pertumbuhan terbesar pada jasa keuangan yang mencapai 8,46 persen diikuti sektor jasa kesehatan sebesar 5,88 persen dan jasa akomodasi 5,3 persen.

“Sektor yang satu-satunya masih terkontraksi adalah pertambangan dan penggalian yakni -1,77 persen. Sedangkan sektor pertanian mendominasi pertumbuhan ekonomi sebesar 21,71 persen. Nilai tukar petani juga meningkat dan ekspor meningkat 149 persen,” ungkapnya.

Meningkatnya pertumbuhan ekonomi diikuti penurunan angka kemiskinan. “Kemiskinan turun dari 6,56 persen jadi 6,28 persen. Begitu juga pengangguran juga turun,” imbuhnya.

Untuk infrastruktur jalan tol Padang-Pekanbaru, kata Audy, masih jalan. Masyarakat masih setuju dibangun. Progress lahan yang bebas meningkat dan direncanakan beroperasi pada Desember 2023.

Baca Juga:  Masih Terjadi Kelangkaan BBM di Sumbar

Dijelaskan Mahyeldi dan Audy bahwa pada tahun 2021 pemerintahannya masih menyelesaikan RPJMD pemerintahan sebelumnya. Tahun 2022, baru murni program dan kegiatan yang dicanangkan sesuai janji kampanye. Misalnya pada APBD 2022 ini anggaran untuk pertanian sebesar 10 persen atau sekitar Rp620 miliar.

“Nilai tukar petani saat ini juga meningkat. Kemampuan petani berbelanja naik. Pasar-pasar ramai. Petani dan peternak cukup uang untuk konsumsi dan menabung,” tambah Mahyeldi dalam ekspose yang dipandu Kepala Bappeda Sumbar Medi Iswandi di depan pimpinan dan awak media massa di Sumbar.

Untuk sektor pariwisata, kini sudah ada 238 desa wisata. Menparekraf Sandiaga Uno telah memberikan anugerah kepada empat desa wisata di Sumbar. “Tahun 2021, ada 15 warisan tak benda di Sumbar yang ditetapkan termasuk teh talua dan kawa daun,” katanya.

Kepala Diskominfo Sumbar Jasman Rizal menyebutkan, kegiatan setahun Mahyeldi-Audy ini digelar di Stadion H Agus Salim untuk meningkatkan kebersamaan dan kolaborasi Pemprov Sumbar dengan media massa dan pertimbangan karena situasi masih pandemi Covid-19.(esg)