Jaga Listrik saat Lebaran, 1.414 Petugas PLN Sumbar Siaga di  154 Posko

33
Suasana video conference GM PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto dengan para manager. (Foto: Humas)

Meski tengah dalam situasi pandemi namun tidak mengurangi makna dan khidmatnya Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

Begitu pula dengan PLN. Sehari jelang Lebaran, PLN telah melakukan berbagai persiapan dan kesiagaan menjaga keamanan pasokan listrik.

Hal itu terungkap dari informasi masing-masing manager Unit Layanan Pelanggan (ULP) di wilayah kerja PLN UIW Sumbar saat video conference (vicon) yang berlangsung pada Sabtu malam (23/5/2200).

Para manager vicon bersama General Manager PLN UIW Sumbar beserta seluruh jajaran manajemen wilayah kerja Sumbar.

“Sudah menjadi hal yang lumrah bagi PLN untuk terus siaga 24 jam dalam setiap momen penting, seperti Ramadhan dan Idul Fitri guna menjaga pasokan listrik selama hari besar tersebut,” kata Bambang Dwiyanto, General Manager PLN UIW Sumbar.

Di saat masyarakat menikmati waktu silaturahmi dengan keluarga di rumah saja karena pandemi Covid-19, pegawai PLN tetap bekerja memastikan listrik tetap mengalir ke rumah pelanggan.

Agar pelanggan dapat menikmati momen Lebaran dengan listrik yang nyaman dan aman. “Kami memantau terus untuk memastikan tidak ada gangguan selama Lebaran,” imbuhnya.

Bambang menyampaikan pula bahwa saat ini kondisi cuaca Sumbar kurang bersahabat di sejumlah daerah. Hal tersebut berdampak pada sistem kelistrikan.

Sebagai langkah preventif untuk meminimalisir gangguan PLN akan melakukan pengawalan ekstra terhadap penyulang ataupun jaringan listrik agar tidak terpengaruh pada kondisi cuaca saat ini.

“Saat ini PLN Sumbar telah menyiapkan 154 posko dan 1.414 petugas untuk mengamankan sistem kelistrikan saat Lebaran. Mudah-mudahan sistem kelistrikan selalu aman,” ungkap Bambang.

Dalam vicon tersebut, masing-masing manager ULP juga menyampaikan persiapan petugas  PLN menjaga pasokan listrik saat Idul Fitri dan posko yang tersedia di unit masing-masing.

Masing-masing unit telah melaksanakan goro membersihkan jaringan petugas dan petugas siaga untuk menangani pengaduan atau keluhan dari pelanggan.

“Apalagi dalam kondisi WFH saat ini, konsumsi listrik rumah tangga dapat dipastikan naik. Maka, PLN wajib untuk memenuhi kebutuhan listrik tersebut dengan baik,” kata Bambang.

Petugas telah rutin inspeksi jaringan, melakukan pemeliharaan pada beberapa pembangkit dan memanfaatkan dengan maksimal sistem interkoneksi.

Selain itu, petugas siaga menjaga pasokan listrik dan mendedikasikan waktu mereka untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan bahkan saat hari Lebaran sekalipun.

Hal tersebut wujud komitmen seluruh elemen PLN agar masyarakat dapat menikmati Idul Fitri dengan tenang dan nyaman tanpa adanya padam karena gangguan listrik.(rel)